TUJUAN PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Ditulis oleh
Diperbaharui 17 September 2018
TUJUAN%2BPENGELOLAAN%2BTENAGA%2BPENDIDIK
Tujuan pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan berbeda dengan sistem manajerial sumber daya manusia pada konteks bisnis. Di dunia pendidikan tujuan pengelolaan SDM lebih mengarah kepada pembangunan pendidikan yang bermutu, membentuk SDM yang handal, produktif, kreatif, berprestasi. Dalam Afidburhanuddin (diakses pada 11/9/2018 pukul 21.52 wib) tujuan dari pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan adalah agar mereka memiliki kemampuan motivasi dan kretivitas untuk:
  1. Mewujudkan sistem sekolah yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahannya sendiri.
  2. Secara berkesinambungan menyesuaikan program pendidikan sekolah tehadap kebutuhan kehidupan peserta didik dan persaingan terhadap kehidupan masyarakat secara sehat dan dinamis.
  3. Menyediakan bentuk kepemimpinan yang mampu mewujudkan human organization yang pengertiannya lebih dari relationship pada setiap jenjang manajemen organisasi pendidikan nasional (Afidburhanuddin, diakses pada 11/9/2018 pukul 21.52 wib).

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan secara umum adalah (Afidburhanuddin, diakses pada 11/9/2018 pukul 21.52wib): 
  1. Memungkinkan lembaga pendidikan mendapatkan dan mempertahankan tenaga kerja yang handal, loyal, serta memiliki dedikasi yang timggi terhadap pendidikan.
  2. Meningkatkan dan memperbaiki kapasitas yang dimiliki oleh karyawan.
  3. Mengembangkan system kerja dengan kinerja tinggi.
  4. Menciptakan iklim kerja yang harmonis.

DAFTAR BACAAN
https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/01/11/engadaan-pengelolaan-perencanaan-dan-tenaga-pendidikkependidikan/Didownload

Tinggalkan komentar