Review Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan


Buku ini merupakan karya dari Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, yang diterbitkan pada 2012 silam. Saya melakukan Review buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan saat semasa perkuliahan, dalam rangka penyelesian tugas salah satu mata kuliah yang berkaitan. Lihat Ketentuan Review untuk info lebih lanjut.

buku-dasar-dasar-evaluasi-pendidikan

Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan ini dengan judul “CRITICAL BOOK REVIEW: Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan”.

Penulis telah berupaya dengan semaksimal mungkin dalam penyelesaian tugas proposal ini, namun penulis menyadari bahwa ini belum sempurna, baik dari segi isi, tulisan maupun kualitasnya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki tugas tulisan ini.

Akhir kata penulis mengharapkan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan bermanfaat dalam memperkaya Ilmu Pendidikan Agama Islam.

Identitas Buku

Review Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan - Diklinko
buku dasar dasar evaluasi pendidikan

Buku ini merupakan karya dari Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, yang diterbitkan pada 2012 silam. Saya melakukan Review buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan saat semasa perkuliahan, dalam rangka penyelesian tugas salah satu mata kuliah yang berkaitan. Lihat Ketentuan Review untuk info lebih lanjut.

URL: https://diklinko.com

Penulis: Suharsimi Arikunto

Nama: Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan

Url: https://diklinko.com

Penulis: Suharsimi Arikunto

Format: https://schema.org/Hardcover

Peringkat Editor:
4.5

Ringkasan Isi Buku

Memang tidak semua orang menyadari bahwa setiap saat kita selalu melakukan pekerjaan evaluasi. Dalam beberapa kegiatan sehari-hari, kita jelas-jelas mengadakan pengukuran dan penilaian.

Untuk dapat mengadakan penilaian, kita melakukan pengukuran terlebih dahulu. Jika ada penggaris, maka sebelum menentukan mana pensil yang lebih panjang, kita ukur dulu kedua pensil tersebut, dan setelah mengetahui berapa panjang masing-masing pensil tersebut, kita melakukan penilaian dengan melihat bandingan panjang antara kedua pensil tersebut. Dapatlah kita mengatakan “Ini pensil panjang, dan ini pensil pendek”.

Untuk menentukan penilaian mana jeruk manis, maka kita tidak menggunakan “ukuran manis”, tetapi menggunakan ukuran besar, kuning, dan halus kulitnya. Sebenarnya kita juga mengukur, yakni membandingkan jeruk-jeruk yang ada dengan ukuran tertentu. Setelah itu kita menilai dan menentukan pilihan, mana jeruk yang paling memenuhi ukuran itulah yang kita ambil. Kita tidak dapat mengadakan penilaian sebelum kita mengadakan pengukuran.

  • Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif.
  • Menilai adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik-buruk. Penilaian bersifat kualitatif.
  • Mengadakan evaluasi meliputi kedua langkah di atas, yakni mengukur dan menilai.

Kekhasan dan Kemutakhiran Buku

Kekhasan pada buku ini terdapat pada sampul buku. Ini mengundang pembaca dikarenakan banyak hal. Diantaranya adalah warnanya yang terang dan khas cukup mengundang perhatian pembaca.

Begitu juga di sisi isiannya, terdapat evaluasi berbentuk pertanyaan pada setiap akhir pembahasan bab. Ini dirasa cukup efektif dalam memahami isi buku tersebut. Disamping itu, dalam buku ini juga tertulis rumus-rumus yang sangat berarti dan ditulis dengan menggunakan latar belakang berwarna khusus pada rumus tersebut. Sehingga pembaca lebih mudah terfokus pada rumus-rumus yang disajikan. Sudah barang tentu ini sangat membantu pembaca dimana jika ingin mencari rumus-rumus tertentu.

Kemutakhiran isi buku ini dapat dilihat dari substansi atau isi pembahasan yang disajikan, yakni membahas persoalan evaluasi yang diperlukan untuk pendidik. Model teori yang disajikan dalam buku ini masih eksis digunakan dikalangan mahasiswa dan guru atau pendidik. Oleh sebab itu, buku banyak digunakan sebagai referensi dalam hal-hal yang berkaitan dengan evaluasi.

Kelebihan dan Kelemahan Buku

KelebihanKelemahan
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto memang penulis yang cukup handal dalam bahasa penulisan. Ini terlihat dari kalimat-kalimat yang disajikan dalam buku ini sangat ringan dan terstruktur sehingga memudahkan pembaca untuk mengikuti langkah-langkah yang disajikan.Bentuk fisik pada buku ini terkesan kurang elegan. Ini dapat dilihat dari tampilan tulisan yang memudar, berwarna pucat dan kurang jelas.
Setiap halaman buku begitu tertata rapi mulai dari halaman judul, hak cipta, kata pengantar, daftar isi, pembahasan, hingga daftar pustaka.
Pembahasan dalam buku ini sangat baik dan terstruktur. Sehingga, pembaca dapat mengikuti langkah-langkah yang disajikan dalam buku ini.

Rekomendasi

Dari beberapa kelemahan buku yang dipaparkan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan berupa rekomendasi diantaranya yakni:

  1. Tampilan buku ini terlihat kurang elegan. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk menggunakan warna-warna khas yang mampu menarik minat si pembaca, seperti pada tampilan halaman, pada awal pembuka bab baru, dll.

Kesimpulan Hasil Review

Dari beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa buku ini dinilai cukup baik jika digunakan sebagai bahan referensi, karena penulisan dalam buku ini dapat dimengerti oleh si pembaca dengan mudah tanpa harus mengulang hingga berkali-kali. Penyajian isi buku ini, juga dinilai sangat baik dan terarah.

Kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam buku ini, bukan semata-mata berarti mengurangi substansi dari pesan yang ingin disampaikan penulis dalam buku ini, melainkan hanya sebagai tambahan dalam menghiasi tampilan buku sehingga mampu meningkatkan minat pembaca.

Oleh karena itu, buku ini sangat cocok digunakan bagi mahasiswa, terkhusus bagi guru untuk membantu dalam menjalankan tugasnya yang menganut prinsip evaluasi dalam setiap pembelajaran.

Tinggalkan komentar

Copy link