Peserta Didik Diklinko

Siswa

Peserta Didik: Sebuah Pengantar Konsep Dasar

Salah satu komponen pendidikan adalah peserta didik. Maka dari itu, peserta didik adalah istilah yang cukup mudah untuk dimengerti, namun butuh penjelasan mendalam tentangnya.

Disini, anda akan mempelajari tentang peserta didik, yang akan mengulas informasi seperti:

  • Pengertian peserta didik
  • Tugas peserta didik
  • Undang-undang peserta didik
  • dan masih banyak lagi.

Mari kita mulai pembahasan ini.

Pengertian Peserta Didik

Peserta Didik adalah orang terdidik yang dibelajarkan dengan program pendidikan yang ditempuh sesuai dengan usia yang ada. Peserta didik terisi dari orang-orang yang ingin belajar tentang sebuah keilmuan tertentu dalam lembaga formal.

Peserta didik tidak berbeda jauh dengan siswa, yang dalam KBBI bahwa siswa berarti murid dalam tingkat pendidikan dasar dan menengah. Sedangkan selanjutnya pada pendidikan tingkat atas disebut sebagai pelajar.

Sedangkan peserta didik sendiri, merupakan istilah yang cakupannya sangat luas. Pemerintah menggunakan istilah Peserta Didik bagi setiap masyarakat belajar baik dalam menempuh pendidikan formal, pendidikan informal, maupun pendidikan nonformal yang berusaha untuk mengembangkan diri melalui proses pembelajaran.

Dari penjelasan ini, dapatlah dimaknai bahwa istilah peserta didik sangatlah luas. Istilah ini berlaku bagi siapa saja yang menempuh pendidikan melalui proses pembelajaran. Oleh sebab itu, persoalan istilah ini merupakan hal yang umum dan bergantung pada penggunanya itu sendiri.

Hal penting yang membutuhkan penekanan adalah konsistensi dalam penggunaan istilah itu sendiri. Meski hampir keseluruhannya dimaknai serupa, akan jauh lebih berharga bila salah satunya dijadikan secara konsisten.

Tugas Peserta Didik

Meski secara sederhana dimaknai sebagai orang yang sedang menempuh pendidikan dalam proses pembelajaran, peserta didik secara memiliki beberapa tugas yang secara umum terlihat. Adapun tugas peserta didik yang dimaksudkan itu adalah sebagai berikut:

1. Belajar

Belajar adalah hal pokok yang harus dilakukan oleh seorang peserta didik. Belajar tentu saja melibatkan berbagai hal dan fitrah dalam dirinya. Dengan belajar, seseorang akan dibekali dengan ilmu pengetahuan untuk menciptakan manusia yang berkualitas di masa mendatang.

2. Menyelesaikan Tugas

Tugas dari seorang peserta didik salah satunya yaitu menyelesaikan tugas (yang biasa disebut sebagai Pekerjaan Rumah). Hal ini merupakan upaya teknis dalam membelajarkan manusia dilingkungan sekolah dan di rumah.

Semestinya seorang siswa menyadari dan mengindahkan bagian ini. Siswa berkewajiban untuk menyelesaikan tugas dari gurunya, agar sebagai pedoman untuk belajar di rumah. Ini akan jauh lebih bernilai.

3. Menaati Guru (Patuh dan Hormat)

Tugas lain dari peserta didik adalah menaati guru. Hal ini merupakan bagian dari afektif dan psikomotorik setiap peserta didik.

Bila seseorang itu sudah atau sedang belajar sesuatu ilmu pengetahuan, semestinya ia mempelajari tentang interaksi terhadap orang-orang tertentu, salah satunya yaitu Guru mereka sendiri.

Menaati guru adalah kewajiban dari seorang peserta didik. Pastinya dengan catatan bahwa aturan yang diberlakukan sang guru itu tidak melanggar kode etik, mengarah pada perpecahan, kekerasan, dan lain sebagainya.

4. Disiplin

Sebuah semboyan mengatakan bahwa “Disiplin adalah kunci keberhasilan” tentunya memiliki nilai yang sangat berharga. Hal ini membuat anggapan bahwa disiplin adalah bagian penting dan harus tercermin dari seorang yang terpelajar, yaitu peserta didik.

Salah satu tugas peserta didik adalah harus disiplin dalam segala hal. Baik dalam peraturan di sekolah, kehidupan sosial di masyarakat, hingga pada kehidupan dalam lingkungan keluarga.

Bila di sekolah, siswa dituntut untuk disiplin mengikuti pembelajaran dengan aturan yang berlaku. Maka sekolah berhak memberikan hukuman bagi peserta didik yang melanggar aturan yang ada. Tentunya hal ini diberlakukan dalam upaya menciptakan manusia yang berkualitas dan berakhlak.

5. Menjaga Nama Baik

Umumnya, persoalan nama baik sekolah adalah hal yang tersembunyi dan tidak tertulis. Namun, dengan memperhatikan aturan yang berlaku, maka itu dengan sendirinya akan mencerminkan citra baik sekolah di kalangan luas.

Menjaga nama baik sekolah, merupakan tugas dari seorang peserta didik. Dengan menjaga nama baik sekolah, peserta tersebut akan mendapatkan berbagai nilai positif baik dari sekolah itu sendiri, maupun dari lingkungan sosialnya.

Reza Noprial Lubis Diklinko

Artikel dari:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis tentang Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar