perbedaan_guru_dan_pendidik

Guru

Perbedaan Guru dan Pendidik: Telaah Konsep Dasar

Halaman ini, akan menjelaskan tentang perbedaan Guru dan Pendidik. Beberapa hal penting, akan diulas secara mendalam disini.

Meski kerap dikaitkan dengan makna yang serupa, pada bagian yang lebih spesifik, kedua hal ini (guru dan Pendidik) memiliki perbedaan yang dapat terlihat. Mari kita lanjutkan.

Istilah Guru dan Pendidik

Umumnya, orang-orang akan beranggapan bahwa istilah Guru dan Pendidik merupakan istilah yang memiliki kesamaan makna. Hal ini bukanlah sebuah kesalahan. Meski demikian, tidak sepenuhnya benar.

Istilah guru, memiliki maknanya sendiri, sedangkan pendidik juga demikian. Pendidik, dinilai mengemban deskripsi makna yang lebih mendalam, daripada istilah Guru. Meski demikian, kedua istilah ini hampir serupa.

Nata ​(Nata, 113: 2005)​ mengungkapkan bahwa guru adalah seseorang yang memberikan pengetahuan, keterampilan atau pengalaman kepada orang lain.

Memahami Perbedaan Istilah Guru dan Pendidik

Meski terlihat sederhana, istilah ini ternyata memiliki makna yang mendalam, dari masing-masing diantara mereka. Pada bagian ini, akan menjelaskan tentang perbedaan dari kedua istilah ini.

Agar dapat secara baik memahami makna dari guru dan pendidik ini, kami menyusun beberapa alur yang perlu dilalui, agar tidak mendapati kesalahan dalam mengurai makna.

Mari kita lihat, akar kata dari masing-masing istilah ini.

Guru, dalam KBBI Daring ​(KBBI Daring, 2016)​ diartikan sebagai orang yang pekerjaannya mengajar. Kami menyengaja untuk memberi tanda HITAM TEBAL pada istilah mengajar.

Perbedaan Guru dan Pendidik

Kedua istilah ini, memiliki beberapa butir perbedaan diantara mereka. Dalam catatan kami, ada beberapa hal yang perlu disampaikan, sebagai jawaban atas hal ini. Beberapa hal yang dimaksud itu sebagai berikut.

1. Guru dan Pendidik Berbeda Dalam Tanggung Jawab

2. Perbedaan Guru dan Pendidik Dalam Formalitas

3. Perbedaan Guru dan Pendidik Dalam Keseharian

Daftar Pustaka

  1. KBBI Daring 2016. ‘Guru’, KBBI Daring.
  2. Nata, A. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, 1st ed. (Gaya Media Pratama: Jakarta).
reza_lubis_artikel

Ditulis oleh:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai informasi khususnya Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar