Perbedaan Blogspot dengan WordPress

Ditulis oleh
Diperbaharui 17 Januari 2019



WordPress

Kelebihan:

  1. SEO praktis. Semua dilakukan oleh WordPress tanpa harus kita yang melakukannya. Yang kita lakukan hanyalah tinggal upload/nulis artikel saja, kemudian publish. Tinggal nunggu aja deh. Tidak perlu repot untuk memikirkan bagaimana supaya tulisan kita diindex (terbaca) oleh mesin pencarian google.
  2. Fitur/penggunaannya cukup praktis. Maksudnya adalah kita tidak perlu lagi untuk memainkan HTML. Biasanya, orang yang merasa ribet dengan HTML atau Kode-kode, mereka akan beralih atau memilih WordPress untuk dijadikan blog nya. Sebab yang praktis tentu memudahkan.
  3. perbedaan%2Bblogspot%2B%2526%2Bwordpress
    Perbedaan Blogspot Dengan WordPress
  4. Membuat Menu Navigasi tentu sangat mudah dengan WordPress. Kita hanya diminta untuk menambahkan menu dengan mengklik tombol tertentu, lalu menggesernya sesuai dengan yang kita inginkan. Bila kita mau membuat menu, tinggal geser. Bila ingin membuat submenu, tinggal menggeser sedikit ke dalam. Sangat mudah dan praktis.

Kelemahan:

  1. WordPress, dikenal dengan penyedia layanan dengan berbayar. Kita dapat melakukan upgrade situs yang kita miliki, misalnya memberli hosting dari penyedia (WordPress) sendiri. Namun, biayanya tidaklah murah. Begitu juga dengan Domain yang disediakan, atau ada juga paket (Domain + Hosting), biasanya dikenakan bayaran yang lumayan mahal. Paling tidak, kita harus merogo kocek dengan jumlah Minimal $4 Dollar atau setara dengan Rp. 57.000,-
  2. Tema yang disediakan juga berbayar, dan bukan murah. Tema yang gratisan biasanya kurang menarik.

Blogspot

Kelebihan:

  1. Blogspot dirasa relatif mudah dalam penggunaannya. Walau tidak menutup kemungkinan, bagi sebagian kalangan merasa bermain blogspot dirasa sulit. Saya pribadi merasa lebih mudah dan menarik dengan blogspot. Dikatakan demikian karena dalam penggunaannya, kita bisa mengedit bagian HTML. Dengan demikian, kita dapat menciptakan tema yang kita inginkan. Walau bermain HTML itu tidak lah mudah, namun ini menjadi catatan tersendiri.
  2. Sudah banyak tema yang bertebaran di google. Kalian tinggal cari saja Tema/template gratis, tinggal download, lalu pasang di Blog. Banyak variasinya. Tentu ini sangat membantu

Kelemahan:

  1. Tampilan penulisannya (Editor) sedikit ribet dan banyak sekali fitur. Terkesan kurang praktis. Berbeda dengan wordpress.
  2. Lebih rinci dibandingkan wordpress. Untuk editor publikasi begitu banyak. Terdapat juga fitur untuk editor HTML yang sedikit ribet dan membuat pusing. Mungkin hanya bagi orang awam yang kurang paham.
  3. Terlepas dari kedua hal di atas, keseluruhannya itu relatif. Artinya, bilamana mengerti akan bahasa komputer, akan lebih mudah dan bahkan akan lebih baik bila mampu mendongkrak isi dari Blogspot yang dimaksud. Karena, blogspot walau dibawah naungan Google langsung, bukan berarti Google yang melakukan segalanya terkait SEO. Pengguna juga dapat melakukannya sendiri dengan tehnik yang jitu. Mungkin belajar adalah cara yang tepat untuk itu.

Tinggalkan komentar