catatan-penting

Pengertian Selektif dan Hubungannya Dengan Guru

Ditulis oleh
Diperbaharui 12 September 2020

Terkadang, kita kerap sekali mendengar istilah selektif yang pada dasarnya secara umum kita sendiri mengetahui maknanya.

Namun, tidak sedikit pula diantara kita yang kebingungan akan pengertian dari selektif ini bila dikaji dalam lingkup teori.

Pengertian Selektif

Selektif dalam bahasa Inggris disebut sebagai selectiveSelektif dalam kbbi online memiliki arti tindakan seleksi atau penyaringan, secara dipilih.

Artinya bahwa selektif itu semacam kegiatan menyeleksi, menyaring, atau memilih untuk ditentukan. Selektif digunakan untuk sebuah pilihan tertentu.

Dari keseluruhan bagian yang ada, maka dipilih menjadi beberapa bagian saja (tidak semua). Maka kegiatan yang demikian itu dapat dikatakan selektif.

Contoh Selektif

Kegiatan rekrutmen guru. Dalam hal ini, banyak orang mendaftar sebagai guru. Misalnya, tercatat 10 orang yang mendaftar menjadi guru di salah satu lembaga pendidikan.

Sementara, tempat yang disediakan untuk dijadikan sebagai guru hanya 5 orang saja. Jadi, lembaga melakukan seleksi/penyaringan terhadap 10 orang yang mendaftar.

Banyak cara yang dapat dilakukan seperti ujian, wawancara, interview, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan contoh kegiatan selektif.

Hubungannya Dengan Pendidik

Selektif memiliki hubungan yang sangat luas bila dihubungkan dengan pendidik. Walau pada dasarnya setiap manusia tentu melewati tahapan selektif dalam kegiatan sehari-harinya, demikian juga halnya dengan guru.

Selektif bagi seorang guru dapat diperuntukkan kepada berbagai hal. Diantaranya yaitu seperti selektif dalam memilih media pembelajaran, selektif dalam memilih siswa untuk dikategorikan berdasarkan kategori tertentu yang didasarkan pada penilaian, selektif dalam hal strategi pembelajaran, selektif dalam metode pembelajaran, selektif untuk pendekatan pembelajaran, dan lain sebagainya.

Selektif merupakan hal yang sangat mendasar dan perlu diketahui oleh para pendidik agar senantiasa melakukan seleksi terhadap segala sesuatu yang akan dilaksanakan.

Hal ini akan menjadi bagian penunjang dari keberhasilan kegiatan belajar mengajar di kelas, keberhasilan dalam menerapkan metode pembelajaran di kelas, dalam memilih strategi pembelajaran, dan lain sebagainya.

Kegunaan Selektif Dalam Pembelajaran

Pembelajaran merupakan kegiatan transformasi ilmu yang dilakukan antara guru dan siswanya. Selektif kerap digunakan dalam pembelajaran. Adapun contohnya yaitu dalam hal penilaian.

Tinggalkan komentar