Pengertian Pembelajaran Dalam Lingkup Pendidikan

Ditulis oleh
Diperbaharui 11 September 2020

Kata pembelajaran yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Learning mengandung makna tersendiri. Pembelajaran merupakan pengembangan dari dasar kata belajar.

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang didalamnya menghadirkan guru yang sedang melakukan transformasi ilmu kepada para peserta didiknya. Pembelajaran dapat berlangsung dimana saja, dalam hal ini dalam lingkup kegiatan di sekolah (pendidikan).

Ciri-Ciri Pembelajaran

Pembelajaran memiliki beberapa ciri tertentu. Adapun ciri-ciri pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Dilakukan dalam satu tempat tertentu.
  2. Terdapat dua unsur pendidikan, yaitu guru dan siswa.
  3. Terdapat sebuah kajian materi yang disebut materi ajar.

Ketiga bagian di atas, merupakan ciri-ciri dari pembelajaran. Hampr serupa dengan makna belajar, namun pada pembelajaran, bersifat kegiatan yang dilakukan yang didalamnya merupakan kegiatan belajar.

Melihat dari ciri-ciri pembelajaran di atas, maka tanpa adanya seorang guru, maka sebuah kegiatan belajar tidak akan dapat dikatakan pembelajaran. Pembelajaran itu dapat dikatakan sebagai sebuah pembelajaran bilamana terdapat didalamnya tiga ciri di atas. Adapun induk dari pembelajaran itu adalah adanya seorang guru, siswa, dan materi yang diajarkan. Maka kegiatan itu dapat dikatakan pembelajaran.

Tinggalkan komentar