pengertian_evaluasi_pendidikan_diklinko

Evaluasi

Pengertian Evaluasi Pendidikan: Dilengkapi Pendapat Ahli

Evaluasi pendidikan merupakan bagian penting. Oleh karenanya, pengertian evaluasi pendidikan adalah hal yang paling dasar untuk diketahui, terlebih lagi bagi seorang guru. Pengabaian akan makna dasar ini, justru akan berdampak pada kesalahan yang lebih besar di masa mendatang.

Artikel ini, akan mengulas lebih dalam tentang pengertian evaluasi. Beberapa hal yang akan dibahas disini seperti:

  • Pengertian evaluasi secara umum
  • Pengertian evaluasi pendidikan menurut Undang-Undang
  • Pengertian Evaluasi Pendidikan menurut para ahli
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Pengertian Evaluasi Pendidikan Secara Umum

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa pengukuran dalam pendidikan bersifat kongkrit, objektif, dan didasarkan atas ukuran-ukuran yang umum dan dapat dipahami secara umum pula.

Contoh, pelaksanaan shalat. Seseorang yang shalat dapat diukur dan dinilai. Pengukuran shalat dilakukan pada aktivitas yang berkaitan dengan pelaksanaan syarat-syarat dan rukun-rukunnya. Bila hal tersebut terpenuhi, maka shalatnya dianggap sah dan seorang muslim terbebas dari kewajiban shalat. Sedangkan penilaian shalat yang berkaitan dengan abad-adab, seperti keihklasan, kekhusu’an, dan sebagainya akan sulit untuk dilihat.

Penilaian dalam aspek ini hanya bisa dilihat dari aktivitas yang dilakukannya sehari-hari saat ia melaksanakan shalat. Penilaian lebih sulit daripada pengukuran, apalagi jika dikaitkan dengan nilai aspek-aspek keagamaan, sudah barang tentu penilaian untuk manusia menjadi wewenang Tuhan.

Dalam proses belajar mengajar, evaluasi menempati kedudukan yang penting dan merupakan bagian utuh dari proses dan tahapan kegiatan pembelajaran. Dengan melakukan evaluasi, guru dapat mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukannya, pada tiap kali pertemuan, setuap catur wulan, setiap semester, setiap tahun, bahkan selama berada pada satuan pendidikan tertentu.

Dengan demikian, setiap kali membahas proses pembelajaran, maka berarti kita juga membahas tentang evaluasi, karena evaluasi inklusif di dalam proses pembelajaran.

Pengertian Evaluasi Pendidikan Menurut Undang-Undang

Istilah evaluasi juga tertuang dalam Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).

Pengertian Evaluasi Pendidikan Menurut Para Ahli

Tinggalkan komentar