,

Pengertian Evaluasi Menurut Suharsimi Arikunto (2012)

Ditulis oleh
Diperbaharui 6 Desember 2018



Pengertian Evaluasi Menurut Suharsimi Arikunto (2012), Artikel ini memberikan penjelasan tentang pengertian evaluasi menurut Suharsimi Arikunto. Siapa yang tak kenal beliau, dengan buku-buku yang banyak ditemui di perpustakaan sekolah tinggi atau universitas. Banyak pemikiran beliau yang dituangkan untuk pendidikan, terkhusus mengenai pengertian evaluasi.


      Evaluasi pendidikan memiliki makna luas, namun pada awalnya pengertian evaluasi pendidikan selalu dikaitkan dengan prestasi belajar siswa. Definisi yang pertama dikembangkan oleh Ralph Tyler (1950). Ahli ini mengatakan bahwa evaluasi merupakan sebuat proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan sebabnya (Arikunto, 2012: 3).

Pengertian%2BEvaluasi%2BMenurut%2BSuharsimi%2BArikunto%2B%25282012%2529

      Suharsim Arikunto mengajukan tiga istilah dalam pembahasan ini, yaitu pengukuran, penilaian dan evaluasi.Pengukuran (measurement) adalah membandingkan sesuau dengan suatu ukuran.Pengukuran ini bersifat kuantitatif.Penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk secara kualitatif.Sedangkan evaluasi adalah mencakup pengukuran dan penilaian secara kuantitatif (Arikunto, 2012: 3).




DAFTAR PUSTAKA

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

Tinggalkan komentar