Pengembangan Website Sekolah Lubisel

Sekolah

Pengembangan Website Sekolah: Pentingnya Untuk Memajukan Sekolah 2021

Jika anda sedang berupaya untuk memajukan sekolah, maka pengembangan website sekolah menjadi bagian yang tidak kalah penting disini. Website sekolah akan membantu lembaga anda menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas, meski dengan beberapa tehnik yang tergolong spesifik.

Beberapa hal yang akan anda ketahui disini seperti:

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Pentingnya Website Sekolah

Tidak peduli seberapa banyak orang yang menganggap bahwa website sekolah itu tidak penting, namun faktanya ini justru diperlukan bagi lembaga. Bagaimana itu bisa terjadi?

Semua sependapat, bahwa kita saat ini sedang berada dimana teknologi kian hari kian berkembang. Kemajuan teknologi terus mengalami perubahan, bahkan hanya dalam hitungan jam sekalipun.

Teknologi bertujuan membantu meringankan pekerjaan manusia. Namun pada kenyataannya, beberapa diantara kita hanya mampu menggunakannya saja, tanpa berpikir tentang penggunaan untuk bisnis lainnya, seperti Sekolah Swasta.

Seberapa penting website sekolah itu?

Saya sependapat dengan orang-orang yang mengatakan bahwa website sekolah itu penting. Meski sebagian dari mereka memandang ini bersifat sekunder dalam kelengkapan lembaga, berbeda dengan saya yang justru menganggap bahwa ini adalah bagian PRIMER dari lembaga.

Mengapa?

15 Guru dan 4 Karyawan dalam lingkaran pekerjaan saya, keseluruhannya itu menggunakan Teknologi seperti Handphone, dan tidak asing dengan internet.

11 Orang untuk Orangtua siswa di lembaga tempat dimana saya bertugas, keseluruhannya itu tergabung dalam WhatsApp Group yang tentunya menggunakan Teknologi Handphone.

Handphone adalah bagian yang dinilai dekat dengan manusia saat ini. Dengan Handphone, memungkikan mereka untuk dapat mengakses internet, dan menemukan Website Sekolah disana.

Ini adalah alasan yang umum, untuk mengungkapkan betapa pentingnya website sekolah bagi kemajuan lembaga itu sendiri.

Website sekolah dapat menciptakan halaman tertentu yang membantu orang-orang untuk melihat secara langsung tentang kondisi reel dari lembaga itu sendiri. Itu seperti Sarana dan Prasarana Sekolah, Sejarah, Profil Sekolah, Program Unggulan, dan masih banyak lagi.

Pengembangan Website Sekolah

Ini merupakan bagian yang penting. Terkadang, banyak sekali ditemui website sekolah yang justru tidak difungsikan dengan baik. Alih-alih menerima sisi positif, justru memungkinkan mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Banyak orang yang tidak mengetahui lebih dalam tentang bagaimana peran website untuk sekolah itu sendiri. Feedback dari pengunjung itu dipengaruhi dari pengembangan website sekolah itu sendiri. Oleh karenanya, pengembangan website sekolah itu semestinya dipahami dengan baik.

1. Ketahui Minat Pembaca

Ini merupakan bagian penting. Sebagai Developer atau penyedia situs web, semestinya anda memperhatikan tentang bagaimana orang-orang bersentuhan dengan anda. Dengan mengetahui ini, maka langkah selanjutnya yang harus diselesaikan menjadi lebih mudah.

Anda dapat menciptakan website yang dapat dimengerti oleh pembaca, sesuai dengan kebanyakan dari visitor anda. Sebagai contoh, baru-baru ini saya melihat tentang bagaimana situs web saya terlihat bagi pengunjung.

perangkat diminati untuk pengembangan website sekolah

Selama 28 Hari terakhir, saya menerima lebih banyak pengguna dengan perangkat Dekstop ketimbang Mobile. Itu artinya, orang-orang yang berkunjungi di halaman saya, lebih banyak menggunakan Lapto/ Komputer dari pada mereka yang menggunakan HP.

Poinnya adalah bahwa dengan adanya data ini, maka langkah selanjutnya yang menjadi perhatian adalah bagaimana membuat halaman Dekstop benar-benar memanjakan mata dari para pengunjung anda. Dengan kata lain, optimalkan bagian Desktop agar memungkinkan untuk menerima interaksi dari para pengunjung.

Jika website sekolah anda memperhatikan hal ini dalam pengembangannya, maka ini dinilai baik. Lihatlah bagaimana pengunjung anda berada di halaman, apakah mereka menggunakan Laptop/ Komputer atau menggunakan Handphone. Optimalkan halaman anda, dengan memperhatikan itu.

2. Bangun Komunikasi Satu Arah

Penting untuk berbicara tentang membangun komunikasi. Sebab, komunikasi melalui media visual berupa Teks, terkesan lebih rentan. Mengapa? Itu karena masing-masing orang dapat mendeskripsikan secara bebas tentang maksud sebuah teks yang diterimanya.

Bisa saja, disaat anda mengatakan hal-hal yang baik, justru dianggap sebagai hal yang buruk bagi lawan bicara. Maka dari itu, penting bagi kita untuk membangun kedekatan dengan menciptakan komunikasi satu arah.

Menciptakan website dengan basis bisnis, perlu menciptakan halaman atau fitur tertentu, agar dapat memudahkan pelanggan untuk terhubung. Sebagai lembaga sekolah, tentu saja anda juga perlu memperhatikan hal ini.

Sebagai contoh, dalam halaman Website sekolah yang saya bangun, juga menerapkan metode yang sama. Lihatlah gambar contoh berikut ini:

Fitur Chat Untuk Pengembangan Website Sekolah

Di setiap halaman yang ada, saya menggunakan fitur Chat. Tentunya dengan ini, memungkinkan pengunjung untuk menanyakan dan berinteraksi secara langsung dengan penyedia layanan.

Hal yang mungkin adalah bahwa layanan ini digunakan oleh Operator, atau Tata Usaha. Tatkala mendapati pesan dari pengunjung, maka selanjutnya tinggal membangun komunikasi yang baik kepada mereka. Terlebih lagi, saya menggunakan layanan gratis dari Facebook, yang tentunya lebih familiar bukan?

Lakukan pengembangan website sekolah anda dengan mengikuti tahapan ini. Ini akan menguntungkan lembaga sekolah.

3. Tampilkan Media Pendukung

Disini menggunakan istilah media pendukung. Itu maksudnya adalah media yang dalam hal ini adalah foto atau video yang berkaitan dengan lembaga. Dapat memilih dengan kegiatan yang dilakukan siswa di luar ruangan, dalam ruangan, kegiatan bermain, ekstrakurikuler, dan lain sebagainya.

Dalam hal pengembangan website Sekolah, memungkinkan anda untuk melakukan itu. Anda dapat membuat halaman khusus yang menampilkan seluruh galeri dari setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah.

Tujuannya adalah sebagai marketing. Foto yang ditampilkan tentunya yang dinilai memiliki ketertarikan tersendiri terhadap masyarakat luas.

Kesimpulan

Pengembangan website sekolah memang perlu menjadi perhatian. Lembaga dapat membuat opsi apakah menyewa penyedia jasa untuk menyelesaikan persoalan ini atau melakukannya dengan sendiri.

Website sekolah diyakini mampu menampilkan berbagai media visual yang menarik bagi para pengunjung. Untuk itu, bagian ini dinilai perlu diterapkan, terlebih lagi di era teknologi saat ini.

Reza Noprial Lubis Diklinko

Artikel dari:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis tentang Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar