guru-dan-siswa

Pendidikan Islam Untuk Anak Usia Dini Itu Penting

Ditulis oleh
Diperbaharui 12 September 2020

Pendidikan Islam merupakan kewajiban setiap muslim untuk mendapatkannya. Tanpa adanya pendidikan Islam, akah sulit untuk menggapai impian akan manusia yang insan kamil itu.

Hal yang menjadi pertanyaan besar adalah seberapa penting Pendidikan Islam Untuk Anak Usia Dini?

Untuk menjawab hal ini, diperlukan kajian yang cukup luas. Oleh sebab itu, kami merangkainya menjadi beberapa bagian untuk lebih mempermudah penjelasan.

Kita harus memulainya dulu dari Pendidikan Islam.

Tentang Pendidikan Islam

Pendidikan Islam itu dapat berarti suatu ajaran atau kegiatan belajar yang membelajarkan ke-Islaman berdasarkan Alquran dan Hadis.

Jadi, secara umum definisi di atas itu bermakna bahwa pendidikan Islam adalah tempat membelajarkan manusia sesuai dengan ajaran Islam yang berlandaskan kepada Alquran dan Hadis.

Penjelasan di atas itu menjadi dasar bahwa pendidikan Islam itu sangatlah penting. Mengapa? Karena bagian ini merupakan bagian ke-Tuhanan atau dalam Islam biasa disebut dengan sebutan Tauhid.

Terlebih lagi bila ditanamkan sejak usia dini, yaitu pada pendidikan tingkat PAUD misalnya. Tentu ini merupakan suatu hal yang bernilai baik untuk keberlangsungan hidup manusia.

Dengan pendidikan Islam, manusia itu akan lebih terarah dan mudah dikontrol.

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan itu bertingkat dan berjenjang, dan pendidikan anak usia dini adalah pendidikan anak yang paling dasar.

Pendidikan anak usia dini, telah berlangsung dengan baik di Indonesia. Dalam perjalanannya, pendidikan anak usia dini yang biasa disebut PAUD ini kian hari kian berkembang.

Terlebih dalam hal yang sifatnya pendataan, belakangan ini PAUD itu sendiri sudah mulali diperhatikan.

PAUD yang didalamnya membelajarkan manusia-manusia yang disebut “Golden Age“, sejatinya harus diperhatikan dengan baik, terlebih pada materi atau kurikulum yang diterapkan.

Belakangan ini, sudah ramai ditemukan berbagai lembaga pendidikan PAUD yang menjalankan program pembelajaran dengan berbasiskan ke-Islaman.

Ini suatu kabar baik tentunya untuk pendidikan Islam di Indonesia. Memulai pendidikan Islam dari tingkatan paling dasar, adalah langkah tepat untuk menggapai mimpi lahirnya manusia yang insan kamil.

Penerapan Pendidikan Islam di Lembaga PAUD

Pertanyaan yang paling besar adalah bagaimana menerapkan pendidikan Islam untuk anak yang termasuk kategori PAUD?

Jawaban akan pertanyaan ini tentu akan beragam bila ditanyakan pada tiap-tiap orang. Setiap orang memiliki prinsip yang berbeda-beda.

Melalui tulisan ini, paling tidak ada beberapa kegiatan yang termasuk dari penerapan pendidikan Islam di lembaga PAUD. Adapun penerapan yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut:

Iqro

Membaca Iqro adalah kegiatan yang biasa atau sering ditemukan dalam lembaga PAUD. Biasanya praktisi pendidikan tingkat PAUD akan mengedepankan hal ini.

Umumnya, lembaga PAUD akan menamatkan siswa yang sudah berhasil meng-khatamkan Iqro nya. Namun, hal ini lebih pada ketentuan dari lembaga itu sendiri.

Membaca Iqro dalam lembaga PAUD merupakan nilai yang cukup besar.

Tinggalkan komentar