Mahasiswa

New Normal Pendidikan Tinggi: Saatnya Mahasiswa Bergerak Aktif Produktif

Hai mahasiswa. Apa yang sudah kalian lakukan di era New Normal? Disini, saya akan menjelaskan kepada anda tentang New Normal Pendidikan Tinggi, yang dilengkapi dengan berbagai hal yang mungkin cocok Anda terapkan.

Berada di halaman ini, anda akan mengetahui beberapa hal seperti:

  • Perguruan Tinggi di 2021
  • Aktivitas perkuliahan di New Normal
  • Yang dapat anda lakukan di New Normal
  • Yang Anda ciptakan di New Normal
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari ikuti penjelasan ini hingga usai.

Perguruan Tinggi di Tahun 2021

Apa yang terjadi pada perguruan tinggi di Tahun 2021? Mungkin anda sudah cukup tahu untuk menjawab akan hal ini. Pendidikan tinggi bukan berarti anti COVID bukan?

Pembelajaran Daring adalah istilah yang sangat ramai dibicarakan belakangan ini. Tentu saja, dalam dunia perkuliahan juga tidak asing lagi bukan? Daring merupakan singkatan dari Dalam Jaringan, dimana orang-orang akan bertemu dalam satu lokasi di internet, tanpa bertatap muka secara langsung.

Benar. Pembelajaran dilakukan dengan tanpa tatap muka langsung, melainkan hanya melalui aplikasi penyedia layanan belajar Online. Ada banyak sekali layanan yang dapat digunakan disana, tetapi itu bukan bagian yang akan kita bahas disini. Bagaimana dengan perkuliahan di daerah tempat anda belajar? Apakah metode Daring masih tetap dilaksanakan?

…Sedikit bercerita, daerah tempat dimana saya bekerja, masih tetap melaksanakan tatap muka secara Daring. Di beberapa kampus tempat dimana saya mengajar, juga masih menerapkan metode pembelajaran Daring. Tidak salah lagi, bahwa ini adalah upaya untuk tetap membelajarkan para mahasiswa dalam masa COVID.

Dibandingkan dengan pembelajaran Daring pada pendidikan tingkat Dasar dan Menengah, tentu saja pendidikan Tinggi memiliki nilai tersendiri dalam aktivitas belajar mereka. Pendidikan orang dewasa, tentu lebih ringan untuk membelajarkan mereka meski hanya melalui aplikasi pembelajaran Online.

Tetapi, selalu berputar-putar disitu. Pada intinya, bahwa aktivitas kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi pada Tahun 2021 masih tetap menggunakan Daring. Bagaimana dengan kampus Anda? Apakah mengedepankan konsep Daring juga?

Aktivitas Perkuliahan di New Normal

Bercerita soal New Normal, memang banyak menciptakan opini dari berbagai sudut pandang tersendiri. Tetapi dari sisi etimologi, mungkin akan menjadi istilah yang cukup mudah dipahami.

New Normal sendiri dapat diartikan sebagai kondisi dan keadaan baru, dimana aktivitas yang terdahulu mulai perlahan dikurangi dan kini berada dalam aktivitas baru. Sebagai contoh kecil, dahulu untuk berkerumun dalam sebuah tempat itu sah-sah saja. Namun kini, hal ini dapat mencuri perhatian sebagian orang, dikarenakan antisipasi wabah virus. Sejatinya ini baik.

Tetapi, bagaimana dengan lingkungan perkuliahan? Anda harus menceritakan kepada saya, tentang bagaimana keadaan kampus anda selama era New Normal.

…Kampus tempat dimana saya bekerja, dalam masa New Normal saat ini tetap memperhatikan arahan dari Pemerintah untuk mengurangi aktivitas sebagaimana biasanya. Tentu saja hal ini bermuara pada Antisipasi penyebaran virus corona.

Meski demikian, aktivitas tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya, dan pelayanan mahasiswa juga tetap dilakukan. New Normal perguruan tinggi memberikan beberapa hal yang sedikit berbeda dari sebagaimana mestinya. Bagian itu meliputi:

  • Tehnik administrasi kampus
  • Tehnik perkuliahan
  • Tehnik kunjungan kampus
  • dan masih banyak lagi.

Mari kita perjelas.

1. Tehnik Administrasi Kampus

Menyikapi New Normal, maka semestinya tetap menjaga dan mengedepankan PROKES (PROtokol KESehatan). Oleh karena itu, masing-masing kampus juga mulai merancang tentang sistem administrasi yang bersifat Teknis. Segala hal mulai diperhatikan, seperti mencuci tangan, tidak bersentuhan, memakai masker, dan lain sebagainya.

Umumnya, ketiga elemen penting semasa New Normal itu digunakan oleh banyak layanan, termasuk di Kampus. Jadi, ketika anda berencana untuk kunjungan ke kampus untuk menyelesaikan suatu hal tertentu, maka perhatikanlah prokes anda, gunakan masker, mencuci tangan, dan tidak bersentuhan.

Reza Noprial Lubis Diklinko

Artikel dari:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis tentang Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar