Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran: Pemahaman Konsep Dasar Pendidikan

Metode pembelajaran merupakan hal penting yang harus diketahui oleh seorang guru. Tanpa pemahaman seputar metode, maka tujuan pembelajaran juga diyakini memiliki hambatan dalam hal pencapaiannya.

Metode pembelajaran, merupakan cara yang dilakukan oleh guru agar tujuan pembelajaran itu tercapai. Meski demikian, pada praktiknya juga terkadang memiliki kesesuaian, dimana terdapat metode yang dinilai tidak sesuai dengan materi sehingga justru dapat memperburuk keadaan. Mari ikuti selengkapnya.

Pengertian Metode Pembelajaran

Guru adalah sosok inti dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kehadirannya dalam menyampaikan materi ajar, tentu saja menjadi perhatian penuh dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.

Memahami seputar dasar-dasar metode pembelajaran, adalah hal yang tergolong mutlak diketahui oleh setiap guru. Oleh karenanya, bagian ini sebagai permulaan untuk mengupas tentang makna dasar dari metode pembelajaran itu sendiri.

Tujuan Penggunaan Metode Pembelajaran

Dalam hal penggunaannya, metode pembelajaran memiliki beberapa tujuan. Adapun hal yang dimaksudkan itu adalah sebagai berikut.

1. Mencapai Tujuan Pembelajaran

Setiap praktik kegiatan belajar mengajar, tentu saja memiliki tujuan tertentu. Hal ini bermuara pada tujuan pendidikan Nasional, yang diamanatkan oleh Undang-Undang Republik Indonesia.

Secara khusus, kegiatan belajar di sekolah memiliki tujuan tertentu, yang dalam skala lebih kecil. Pencapaian terhadap tujuan ini, secara tidak langsung akan menggapai tujuan pendidikan nasional pula.

Hal ini berlaku sebaliknya. Kegagalan dalam menggunakannya, justru akan berdampak pada gagalnya pencapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu, penggunaan metode dalam penyampaian materi pelajaran merupakan bagian yang dinilai penting.

2. Efektifitas Kegiatan Belajar Mengajar

Penerapan metode dalam kegiatan belajar di kelas, diyakini memiliki pengaruh terhadap efektifitas kegiatan belajar mengajar itu sendiri.

Menentukan metode, tentu melewati beberapa langkah yang dirancang sebelumnya. Oleh karena itu, keadaan ini dinilai direncanakan (terencana) dengan baik, sehingga akan membuat pembelajaran itu lebih terukur.

Rancangan umumnya memuat tentang kapan materi itu disajikan, kapan membuat kelompok kecil, kapan kesempatan peserta didik untuk bertanya, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, hal ini memungkinkan terciptanya interaksi antara guru dan siswa. Dengan kata lain, efektifitas adalah mimpi yang mungkin terwujud dalam penerapan metode pembelajaran saat penyampaian materi guru.

Jenis-Jenis Metode Pembelajaran

Dalam penggunaannya, metode pembelajaran memiliki jenis-jenis tertentu. Adapun hal ini, akan mempengaruhi tentang pemilihan metode pembelajaran yang tepat yang disesuaikan dengan materi kajian. Beberapa jenis metode yang dimaksudkan itu adalah sebagai berikut.

Manfaat Menggunakan Metode Pembelajaran

Bercerita tentang manfaat, tentu saja penggunaan metode pembelajaran diyakini memiliki segudang manfaat bagi peserta didik, guru, bahkan lembaga itu sendiri.

Dalam catatan kami, ada beberapa hal yang dapat digolongkan sebagai manfaat menggunakan metode pembelajaran, antara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan Interaksi Pembelajaran

Interaksi pembelajaran adalah sesuatu yang diharapkan oleh pendidik saat melangsungkan kegiatan belajar mengajar di kelasnya. Pasalnya, interaksi yang positif selama pembelajaran dinilai berpengaruh baik bagi peserta didik.

Hal ini dapat beragam, seperti munculnya pertanyaan dari peserta didik terkait penyampaian materi yang dilakukan, memberikan tanggapan mengenai apa yang mereka alami sendiri, atau macam respon lainnya.

2. Meningkatkan Hasil Belajar

Meski hal ini tergolong tidak dipengaruhi secara langsung oleh metode pembelajaran, namun tetap saja akan berdampak padanya.

Pembelajaran yang berhasil, manakala penerapan metode pembelajaran juga berhasil. Hal ini saling berpengaruh antara satu dengan lainnya. Pembelajaran yang berhasil, maka sudah barang tentu dicerminkan dari hasil belajar yang baik pula.

Kesimpulan

reza_lubis_artikel

Ditulis oleh:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai informasi khususnya Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar