,

Metode Kuliah

Ditulis oleh
Diperbaharui 31 Agustus 2018
METODE%2BKULIAH

Metode ini merupakan metode yang paling banyak digunakan karena fleksebilitas metode ini sehingga ia dapat digunakan secara bersamaan dengan metode yang lainnya. Tetapi metode ini kurang efektif digunakan dalam proses belajar mengajar kanak-kanak, karena metode ini memerlukan perhatian yang cukup lama dalam rangka memahami kandungan permasalahan yang abstrak melalui ceramah terlebih lagi jika tanpa dukungan alat peraga yang memadai.

Karena metode kuliah adalah metode yang membutuhkan intensitas seorang pendidik dalam menyampaikan pokok bahasan yang telah terprogram dalam kurikulum pendidikan. Oleh karena itu persiapan seorang pendidik mulai dari mempersiapkan dari materi pelajaran, proses pembelajaran, hingga kemungkinan keterkaitan bahan ajaran dengan fakta sosial maupun wawasan yang lebih umum.
Dengan memberikan gambaran umum tentang pokok bahasan yang akan dikaji dan pentingnya permasalahan itu untuk diperbincangkan. Persiapan terpenting dalam mengembangkan metode ini adalah terletak pada kecakapan seorang pendidik untuk dapat menstimulasi setiap proses pembelajaran yang akan diselenggarakan.

Tinggalkan komentar