Sekolah

Belajar Membuat Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

Hari ini, saya telah mempelajari tentang membuat Rencana Pengembangan Sekolah (RPS), melalui program Diklat Kepala Sekolah Moda Daring. Meski melewati selama beberapa jam, aktivitas yang dilalui tergolong menyenangkan.

Sebelumnya, saya ingin memberitahukan bahwa sejak akhir Juni 2021 yang lalu, saya diberi perintah untuk mengikuti kegiatan Diklat Kepala Sekolah Moda Daring yang dilaksanakan selama kurang lebih sebulan. Tentunya, kegiatan ini memberikan banyak sekali manfaat bagi diri saya pribadi khususnya, dan bagi kegiatan keprofesian umumnya.

Disini, saya akan memberitahukan beberapa hal tentang membuat rencana pengembangan sekolah (RPS), antara lain yakni:

  • Apa itu Rencana Pengembangan Sekolah
  • Mengapa ini diperlukan
  • Bagaimana cara membuat Rencana Pengembangan Sekolah
  • Apa manfaat membuat RPS
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Apa Itu Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

Semestinya, melihat dari istilah yang digunakan saja sudah tergambar tentang makna secara umum. Rencana Pengembangan Sekolah sering disingkat sebagai RPS. Dari istilah itu, dapatlah diartikan bahwa Rencana Pengembangan Sekolah adalah upaya yang dilakukan Kepala Sekolah sebagai pimpinan dalam mengembangkan lembaga mereka berupa bentuk program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Mengapa Ini Dibutuhkan?

Kini saatnya kita mengetahui, mengapa RPS itu dibutuhkan bagi sebuah lembaga. Sederhananya, bahwa RPS merupakan bentuk rencana dalam upaya mengembangkan lembaga. Oleh karena itu, sifatnya

Cara Membuat Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

Berbagai Manfaat Yang Didapatkan

Tinggalkan komentar