Memajukan Sekolah Swasta Diklinko

Sekolah

Memajukan Sekolah Swasta: Panduan Penting Tahun 2021

Bagaimana cara memajukan sekolah swasta di Tahun 2021 ini? Sadar atau tidak, kita akan bersentuhan dengan teknologi, karena ini adalah masanya.

Disini, anda akan mengetahui tentang:

  • Pentingnya memajukan sekolah swasta
  • Cara memajukan sekolah swasta
  • Hal yang perlu diperhatikan
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Pentingnya Memajukan Sekolah Swasta

Pertanyaan yang memang cukup sederhana. Mungkin orang-orang akan menjawab hal yang sama, yaitu PENTING.

Aneh memang bila mereka berkata bahwa ini bukan sesuatu yang penting. Sebab, sekolah swasta semestinya memikirkan tentang bagaimana lembaga mereka dapat berkembang dan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sekolah swasta merupakan sekolah yang berdiri sendiri dengan ADART sendiri pula. Maka dari itu, setiap lembaga swasta dinilai perlu untuk memikirkan tentang perkembangan lembaga mereka.

Ditambah lagi persoalan perputaran biaya lembaga, yang tentunya mengakomodasi segala hal dalam lembaga itu sendiri. Ini semestinya dipertimbangkan, agar menguatkan minat untuk menciptakan ide dalam upaya memajukan sekolah swasta.

Sepanjang perjalanan, saya berasumsi bahwa terdapat sebuah alur yang digambarkan sebagai siklus dalam pembiayaan lembaga swasta.

Siklus Pendanaan Sekolah

Siklus di atas, memperlihatkan bahwa lembaga swasta memang mengakomodir segala kebutuhan lembaga mereka.

Adapun dana bantuan sifatnya hanyalah sebatas pendukung untuk meningkatkan kualitas lembaga. Karena ini pendukung, maka siapa saja dapat membatalkan untuk menerima bantuan yang ada. Kita akan fokus pada bagaimana lembaga swasta itu berdiri sendiri.

Jadi, manakala keadaan itu tidak berjalan dengan baik, maka hal ini memungkinkan kesulitan untuk berjalan sebagaimana mestinya. Jadi, tidak ada alasan lain untuk tidak mengatakan Memajukan Sekolah Swasta itu penting.

Ancaman Sekolah Swasta Ditutup

Tidak hanya diabaikan, bahkan sekolah swasta bisa saja ditutup. Meski penjelasan sebelumnya telah menerangkan bahwa lembaga swasta memiliki kebebasan dalam mengontrol laju lembaganya sendiri, bukan berarti itu terbebas dari segala hal atau aturan tentangnya.

Tahukah anda bahwa sekolah swasta bisa saja ditutup? Baru-baru ini saya menemukan informasi berkaitan dengan hal itu.

Sekolah Swasta Bisa Ditutup

Mengutip dari laman Suara.com, mengungkap bahwa Sekolah Abal-abal akan ditutup. Hal ini secara detail diungkapkan oleh Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud, Catharina Muliana Girsang melalui terbitan laman suara.com.

Saya mengira bahwa ini sangat rasional, mengingat pentingnya peran Sekolah Swasta dalam meningkatkan mutu pendidikan Nasional. Maka berdasarkan keadaan ini, dirasa penting bagi sekolah swasta untuk terus berupaya dalam memajukan sekolah swasta yang dipimpinnya itu.

Cara Memajukan Sekolah Swasta

Ini merupakan bagian penting dalam bahasan ini. Ada beberapa tehnik atau cara memajukan sekolah swasta yang dilakukan banyak orang. Tetapi disini, saya akan membagikan tentang bagaimana memajukan sekolah dalam era teknologi.

Beberapa cara memajukan sekolah swasta antara lain sebagai berikut:

1. Manajemen Yang Baik

Tahukah anda, bahwa manajemen sekolah adalah bagian pokok yang teramat penting bagi sebuah lembaga? Ini termasuk dalam segala hal, seperti Administrasi siswa.

Mari mengambil sebuah contoh, persoalan pembiayaan iuran bulanan siswa. Semestinya, ini tercatat dengan baik dan rapi agar lebih memudahkan.

Tidak terbayangkan bila manakala buku kas yang menyimpan alur pembayaran iuran siswa itu tidak teratur. Bisa-bisa, pelaksana kebingungan untuk itu.

Terlebih lagi, bilamana didapati data yang tidak sinkron, yang tentunya membutuhkan validasi dari berbagai pihak (orang tua siswa dan lembaga). Kondisi ini bisa-bisa membuat “GERAM“.

2. Meningkatkan Kualitas Guru

Guru adalah ujung tombak dalam pendidikan. Baik atau buruknya seorang guru, tentu hal ini akan berpengaruh besar pada keadaan peserta didiknya. Oleh sebab itu, tidak ada kata lain, selain meningkatkan kualitas guru.

Mengabaikan posisi guru, adalah masalah besar bagi lembaga. Guru yang berkualitas, tentu saja akan menghantarkan pada proses kegiatan belajar mengajar yang lebih baik pula. Inilah yang didambakan setiap orangtua siswa.

Banyak cara meningkatkan kualitas guru di sekolah swasta, seperti:

  • Mengikuti pelatihan atau Diklat
  • Mengikuti seminar dan loka karya
  • Rapat kerja internal
  • dan masih banyak lagi.

Berbagai aktivitas di atas itu tidak lain dan tidak bukan adalah upaya untuk meningkatkan kualitas guru di sekolah. Dengan begitu, guru yang berkualitas akan membuka peluang untuk terciptanya manusia yang berkualitas pula.

3. Pengoptimalan Sosial Media

Siapa yang tidak mengenal sosial media di era yang penuh teknologi ini? Benar. Tahun ini benar-benar memberikan nuansa baru bagi kita semuanya, dimana teknologi kian ramai digunakan banyak orang.

Kebanyakan dari sisi umum, orang-orang hanya berpikir tentang penggunaan sosial media semata, tanpa memikirkan manfaat lebih darinya. Sadar atau tidak, sosial media adalah langkah praktis bagi pebisnis untuk dapat mengembangkan bisnis mereka.

Oleh sebab itu, keadaan ini juga dapat dialihkan pada jalur dunia pendidikan, terkhusus lembaga swasta. Menggunakan sosial media dengan atas nama lembaga, justru akan jauh lebih mempersingkat waktu untuk terhubung dengan para pelanggan anda.

Misalnya, sosial media memungkinkan anda untuk berkirim pesan kepada siapapun dengan waktu yang instan. Fitur ini, akan membantu orangtua untuk dapat berhubungan langsung secara singkat dengan lembaga sekolah.

Tentu saja banyak kemungkinan yang akan terjadi disana, dimana orang-orang dapat menanyakan tentang bagaimana sarana dan prasarana sekolah, visi dan misi lembaga, berbagai program yang ditawarkan, dan masih banyak lagi.

Sebagai masukan, mungkin anda butuh informasi tentang media sosial apa saja yang banyak digunakan orang di luar sana.

Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram adalah sosial media yang paling familiar bukan? Ini dapat dijadikan kesempatan untuk bertemu dan berhubungan dengan calon pelanggan di luar sana.

Terlebih lagi, sekolah akan mendapat keterpercayaan dari banyak orang karena aktivitas di sosial media yang terlihat.

Sangat tepat bila lembaga memiliki sebuah akun khusus mengatasnamakan lembaga itu sendiri. Ini akan jauh lebih mendatangkan banyak manfaat di era yang penuh dengan teknologi.

4. Membuat Website Sekolah

Hampir sama dengan sosial media, lembaga sekolah dinilai perlu menciptakan sebuah halaman website sekolah. Bila anda sudah melakukan ini, maka mengoptimalkan website sekolah adalah jalan keluar selanjutnya.

Website memiliki peran yang dinilai penting bagi keberlangsungan lembaga. Dengan website, akan membuat orang-orang merasa nyaman dan sekaligus pengantar pesan dalam waktu yang singkat.

Bagaimana tidak, sekolah dapat mempromosikan berbagai hal yang dilakukan di lembaga mereka hanya melalui sebuah halaman website.

Saya menerapkan ini dalam lembaga saya, dan menerbitkan banyak informasi penting tentang sekolah disana. Lihatlah artikel tentang pengaruh website terhadap kualitas lembaga, yang telah saya susun.

Dengan website, orang-orang akan berinteraksi dengan cepat terhadap lembaga anda. Mulai dari berkirim pesan, hingga pada mengetahui sarana dan prasarana lembaga.

Sesuatu yang baik bila website dikemas dengan sedemikian rupa sebagai media promosi lembaga yang Tahan Lama. Anda dapat bercerita banyak hal disana, seperti sejarah, visi sekolah, misi sekolah, jumlah peserta didik, kegiatan yang telah dilakukan, dan sesuatu yang bermanfaat lainnya.

Anda juga dapat membuat formulir pendaftaran langsung disana, dimana pengunjung tidak perlu datang ke sekolah untuk mendaftar. Tentu saja, ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kesimpulan

Memajukan sekolah swasta, tentu saja membutuhkan waktu tertentu. Tidak ada yang instan disini. Namun sembari dari itu, dibutuhkan konsistensi didalamnya untuk menggapai mimpi indah itu.

Bangunlah lembaga swasta anda, dengan mengaitkan diri terhadap kondisi yang ada di zaman sekarang ini. Jangan sampai tertinggal dengan metode-metode yang lawas. Perhatikan persoalan kualitas, untuk menggapai mimpi itu.

Bagaimana di lembaga anda? Apakah anda sudah menerapkan hal yang sama? Beritahu saya melalui kolom komentar.

Reza Noprial Lubis Diklinko

Artikel dari:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis tentang Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar