media pembelajaran

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Penggunaan media pembelajaran merupakan sesuatu yang harus dilakukan, dalam upaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan jauh dari kebosanan.

Hal ini dinilai penting sebab dengan media, pembelajaran terhindar dari monoton dan peserta didik diyakini dapat menerima pelajaran dengan baik.

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah alat atau bahan yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar sebagai bahan tambahan penyampaian pesan materi pelajaran kepada peserta didik.

Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis media pembelajaran yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut:

1. Media Audio

Audio diartkan secara sederhana sebagai suara. Itu artinya, media audio adalah alat peraga yang menggunakan suara yang digunakan dalam praktik pembelajaran. Misalnya radio, MP3, Recorder, dan lain sebagainya. ​(Kemdikbud, 2016)​

2. Media Visual

Visual diartikan sebagai tampilan yang dapat terlihat namun tanpa suara, seperti gambar, lukisan, bentuk, dan lain sebagainya.

3. Media Audio Visual

Audio Visual merupakan penggabungan istilah Audio dan Visual. Media Audio Visual artinya adalah alat belajar dengan menggunakan gambar dan suara. Biasanya, media ini menghasilkan gambar gerak seperti Video, Film, dan lain sebagainya.

Pada intinya, tampilan dari media audio visual ini harus melahirkan input suara dan gambar. Kombinasi keduanya, diyakini cenderung mendapatkan hasil yang maksimal untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa.

Contoh Media Pembelajaran

Makna dari Media Pembelajaran pada dasarnya diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi (materi ajar) kepada peserta didik.

Secara umum, guru juga merupakan media pembelajaran. Argumen ini ditarik dari kenyataan bahwa peserta didik adalah manusia yang hakikatnya memiliki sifat meniru (terlebih lagi peserta didik).

Sedang guru, adalah figur yang semestinya ditiru oleh peserta didik. Oleh karena itu, guru juga merupakan media.

Tetapi secara spesifik, berkaitan dengan materi ajar, maka ini cenderung menggunakan alat bantu (karena tidak mungkin guru yang menjadi contoh).

Berikut ini contoh dari masing-masing media yang telah disampaikan sebelumnya pada bagian Jenis Media Pembelajaran.

1. Contoh Media Pembelajaran Audio

Salah satu contoh yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran Audio adalah Tapi/ Radio. Radio akan memperdengarkan suara ketika digunakan. Suara yang dikeluarkan, dan digunakan sebagai bahan belajar peserta didik.

2. Contoh Media Pembelajaran Visual

Beberapa contoh media pembelajaran visual adalah gambar, lukisan, dan lain sebagainya. Gambar hanya menghasilkan sesuatu atau bentuk yang dapat dilihat, dan tidak menghasilkan suara. Gambar-gambar yang diperlihatkan ini, akan menjadi media pembelajaran bagi peserta didik bila diperlihatkan atau ditampilkan di depan kelas.

3. Contoh Media Pembelajaran Audio Visual

Audio Visual adalah penggabungan kedua istilah yang diartikan sebagai gabungan antara suara dan video. Umumnya, media pembelajaran Audio Visual ini digunakan dalam bentuk tampilan video, film, dan lain sebagainya. Media yang menampilkan bentuk bergerak dan suara adalah contoh dari media audio visual.

Daftar Pustaka

  1. Kemdikbud. 2016. “Audio.” KBBI Daring. 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/audio.
reza_lubis_artikel

Ditulis oleh:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai informasi khususnya Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar