Manajemen Sekolah Yang Baik Lubisel

Sekolah

Cara Efektif Meningkatkan Manajemen Sekolah Yang Baik

Jika Anda saat ini sedang mencari tahu tentang bagaimana cara efektif meningkatkan manajemen sekolah yang baik, maka Anda berada di tempat yang benar. Beberapa hal yang akan diulas disini, akan menjawab dari pertanyaan itu.

Dalam halaman ini, Anda akan mengetahui tentang:

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Dasar-Dasar Manajemen Sekolah

Manajemen adalah proses pengaturan dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen merupakan bagian penting yang semestinya diperhatikan bagi setiap lembaga sekolah.

Manajemen juga dapat diartikan dalam hal yang lebih teknis seperti perencanaan, pengorganisasian, pengakomodasian, dan pengontrolan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Efektif dalam manajemen diartikan berupa tujuan yang dapat dicapai dengan perencanaan. Sedangkan efisien diartikan sebagai pelaksanaan tugas yang dilaksanakan atau diselesaikan secara benar, teratur, dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Robbins menjelaskan bahwa hingga kini, manajemen belum menemukan defenisi yang lebih luas dan diterima secara universal.

Pentingnya Manajemen Sekolah

Seberapa penting manajemen itu menjadi sesuatu yang diperhatikan? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nurkuntari, menjelaskan bahwa manajemen sekolah yang baik dan mencapai tujuan sekolah, berpengaruh (meningkat) pada mutu pendidikan, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Jadi, secara umum terlihat bahwa keadaan dari hasil penelitian itu, menjelaskan bahwa manajemen sekolah merupakan bagian penting yang tidak dapat dianggap remeh bagi siapapun itu. Salah satu bagian inti dalam hal ini yaitu Kepala Sekolah, yang berperain penting dalam mengambil keputusan dari setiap langkah manajerial yang dilakukannya.

Manajerial yang baik, akan menghantarkan pada sekolah yang berkualitas. Dengan demikian, akan memungkinkan untuk menuai tujuan yang ditetapkan. Secara tidak langsung, hal ini juga akan memberi pengaruh pada tujuan nasional Pendidikan Indonesia.

Kepala Sekolah sebagai pelaku manajemen di sekolah, semestinya melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin, dengan menjalankan program manajerial yang baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pada evaluasi.

Berbagai program unggulan itu, akan menjadi bagian inti dalam keberlangsungan lembaga demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Ketercapaian tujuan lembaga berdasarkan dari manajerial yang baik adalah mimpi dari setiap pemimpin.

Referensi

Robbins, Stephen dan Mary coulter. 2007. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.

Reza Noprial Lubis Diklinko

Artikel dari:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis tentang Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar