Latar Belakang Masalah Penelitian Tindakan Kelas

Ditulis oleh
Diperbaharui 15 September 2020

Latar belakang masalah penelitian tindakan kelas – Penelitian tindakan kelas adalah sebuah metode penelitian yang kerap sekali diterapkan dalam lingkungan kelas. Hal ini, biasanya diberikan kepada siswa. Artinya, objek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa itu sendiri.

Dalam sebuah penelitian, dibutuhkan sebuah latar belakang yang valid dan benar-benar dapat dipertanggung jawabkan. Hal yang mendasar adalah, bagaimana mungkin sebuah penelitian itu dapat dilaksanakan dan berjalan bilamana tidak ada masalah di dalamnya? Maka oleh sebab itu, masalah adalah pokok utama dalam membuat sebuah hasil karya ilmiah.

Mengangkat latar belakang masalah untuk sebuah penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas bukanlah perkara yang mudah. Perlu memperhatikan berbagai hal agar sebuah latar belakang masalah itu dapat diterapkan dengan penelitian tindakan kelas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut:

Berobjek Pada Siswa

Objek dalam sebuah penelitian tindakan kelas adalah siswa itu sendiri. PTK identik dengan penelitian hasil belajar siswa. Mengapa demikian? Karena, dari makna katanya sudah diketahui, bahwa tindakan kelas itu berarti tindakan yang diterapkan kepada siswa di dalam kelas.

Dalam menentukan latar belakang masalah untuk penelitian tindakan kelas, haruslah berobjek pada siswa itu sendiri. Hal yang ditelitipun haruslah siswa itu sendiri. Biasanya, dalam sebuah PTK, hal yang diteliti adalah keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan suatu metode atau strategi tertentu.

Biasanya, dalam PTK objek penelitian itu adalah bagian dari siswa itu sendiri. Misalnya seperti hasil belajar siswa. Hal ini, adalah hal yang sangat sering sekali ditemui dalam penelitian tindakan kelas (PTK).

Tinggalkan komentar