Kurikulum Pendidikan: Pemahaman dan Konsep Dasar


orang_membaca_buku

Kurikulum Pendidikan merupakan bagian penting dalam dunia pendidikan. Tanpa kurikulum, pendidikan tidak akan terlaksana dengan baik. Kurikulum memegang peranan penting karena ia mencakup berbagai hal yang akan terjadi atau dilaksanakan dalam keberlangsungan pendidikan.

Guru, Siswa, bagaimana pembelajaran itu di evaluasi, (termasuk kepada seluruh komponen pendidikan) tentu saja membutuhkan aturan tersendiri, dan keseluruhannya itu diatur dalam kurikulum pendidikan yang dijalankan di lembaga. Pada intinya, kurikulum adalah bagian penting dalam lembaga pendidikan.

Pengertian Kurikulum Pendidikan

Menurut Harold B. Alberty memandang kurikulum sebagai semua kegiatan yang diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah (All of the Activities that are Provided for the Student by the School).((Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. TT. Kurikulum dan Pembelajaran. (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada), h. 2))

Sedangkan Said Hamid Hasan Mengemukakan bahwa pada saat sekarang istilah kurikulum memiliki empat dimensi pengertian, dimana satu dimensi dengan dimensi lainnya saling berhubungan. Keempat dimensi kurikulum tersebut yaitu: (1) kurikulum sebagai suatu ide/gagasan; (2) kurikulum sebagai suatu rencana tertulis yang sebenarnya merupakan perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; (3) kurikulum sebagai suatu kegiatan yang sering pula disebut dengan istilah kurikulum sebagai suatu realita atau implementasi kurikulum. Secara teoritis, dimensi kurikulum ini adalah pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; (4) kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan.((Ibid,.))

Tinggalkan komentar

Copy link