Komponen Pendidikan

Komponen merupakan bagian dari sebuah unsur atau bagian dari keseluruhan yang ada. Oleh sebab itu, komponen ini merupakan bagian-bagian kecil yang membentuk bagian yang lebih besar((Wiktionary, diakses pada Selasa, 18 Juni 2019 pukul 12.49 Wib)).

Komponen itu tidak hanya satu buah saja, melainkan lebih dari satu. Dapat diistilahkan seperti ini:

Semisal Handphone, anggaplah terdapat Sebuah Handphone. Lantas, handphone itu dalam dirinya terdapat beberapa bagian yang disebut komponen. Adapun bagian itu antara lain seperti mesin, speaker, layar, body, dan lain sebagainya. Bagian-bagian yang disebutkan itu merupakan komponen yang memiliki fungsi dan tugasnya tersendiri. Dengan diterapkannya fungsi-fungsi dari masing-masing komponen itu, maka handphone itu dapat berjalan sesuai dengan tujaunnya.

Pendidikan merupakan sebuah kata yang teramat sering kita dengar. Keseluruhan diantara kitapun kian turut melaksanakan pendidikan pada setiap harinya. Pada bahasan ini, pendidikan yang dimaksudkan itu adalah pendidikan yang menyajikan wadah untuk kegiatan transformasi ilmu dari guru kepada peserta didiknya yang disebut dengan sekolah.

Secara umum pendidikan merupakan bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama (Simak disini).

Berbagai Macam Komponen Pendidikan

Berbicara mengenai komponen pendidikan, dapat dipisah menjadi dua bagian, yakni secara rinci dan secara umum.

Secara Rinci, Ada beberapa bagian yang menjadi komponen dalam pendidikan secara lebih rinci, antara lain sebagai berikut:

  1. Tujuan dan prioritas
  2. Peserta didik
  3. Manajemen
  4. Struktur dan jadwal waktu
  5. Isi atau materi
  6. Dosen dan pelaksana
  7. Alat dan sumber belajar
  8. Fasilitas
  9. Teknologi
  10. Pengawasan mutu
  11. Penelitian
  12. Biaya pendidikan

Beberapa poin di atas merupakan bagian yang disebut dengan komponen pendidikan. Adapun bagian di atas itu merupakan bagian yang secara rinci (Ilmu Pendidikan)((Ilmu Pendidikan, diakses pada Selasa, Selasa, 18 Juni 2019 pukul 12.49 Wib))

Secara Umum bahwa komponen pendidikan itu meliputi:

  1. Sekolah
  2. Guru
  3. Siswa
  4. Kurikulum

Keempat komponen di atas ini merupakan bagian yang secara umum dan wajib ada dalam satuan pendidikan. Tanpa adanya satu poin saja, maka pendidikan itu tidak dapat berjalan dan tentunya mengurangi makna dari pendidikan itu sendiri. Bagaimana mungkin pendidikan itu dikatakan pendidikan bilamana tidak ada guru didalamnya? Atau bilamana tidak ada siswa di dalamnya? Oleh sebab itu, bagian ini menjadi bagian yang penting. Hal ini yang dinamakan Kurikulum Sebagai Sistem.

Tinggalkan komentar

Copy link