kompetensi_guru

Kompetensi Guru

Kompetensi Guru: 4 Standar Yang Wajib Dimiliki

Kompetensi Guru merupakan bagian yang penting dan perlu dilengkapi oleh Guru. Tanpa kelengkapan kompetensi yang ada, maka guru akan jauh dari kata profesional dalam profesinya sebagai pendidik.

Dalam halaman ini, akan diuraikan lebih dalam tentang Kompetensi Guru yang diketahui, yang dilengkapi pendapat ahli dan perundang-undangan. Mari ketahui lebih dalam.

Pentingnya Memiliki Kompetensi Guru

Apa jadinya bila seorang guru tidak memiliki kompetensi tertentu? Itulah pertanyaan yang perlu ditanyakan, bila ingin mengetahui jawaban betapa pentingnya memiliki kompetensi guru yang dimaksud.

Kompetensi adalah kemampuan untuk menguasai atau memutuskan sesuatu. Hal ini cenderung pada aspek sikap dan perilaku. Profesi Guru (meski juga berlaku bagi profesi lainnya), tentu dibutuhkan standarisasi terhadap kompetensi yang diperlukan dalam aspek nasional.

Standar ini dibangun tentu dengan proses panjang, dan disesuaikan dengan keadaan dilapangan. Guru adalah sosok yang dapat dijadikan panutan bagi peserta didik mereka. Bila guru bukanlah sosok yang baik, bagaimana kita bisa mengabaikan peserta didik yang justru akan meniru orang tidak baik itu?

Disisi lain, pendidikan Nasional tentunya memiliki mimpi dan cita-cita yang tinggi untuk diraih. Bukan sesuatu yang tidak mungkin, melainkan perlu melewati tahapan demi tahapan untuk menggapai mimpi itu.

Semua dimulai dari satuan lembaga, dimana berfokus pada guru dan siswa. Oleh karenanya, penting untuk guru dalam hal mengetahui dan menjalankan kompetensi yang dimilikinya.

Pengertian Kompetensi Guru Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang lebih dulu telah mendeskripsikan tentang pengertian kompetensi guru ini. Seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah bahwa kompetensi guru adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya (​Peraturan Pemerintah​, 2008 ).

Jenis-Jenis Kompetensi Guru

Dilihat dari jenisnya, kompetensi guru terbagi menjadi 4 bagian pokok, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat bagian jenis kompetensi ini, akan diulas lebih detail disini.

1. Kompetensi Pedagogik

Menurut Suprihatiningrum (​Suprihatiningrum​, 2013: 101), kompetensi pedagogik meliputi hal sebagai berikut:

  1. Pemahaman wawasan pendidikan
  2. Pemahaman terhadap peserta didik
  3. Perancangan pembelajaran
  4. Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik
  5. Pemanfaatan teknologi pembelajaran
  6. Evaluasi belajar
  7. Pengembangan peserta didik.

2. Kompetensi Kepribadian

Istilah Kepribadian berasal dari kata personality (Inggris) yang berasal dari kata persona (Latin) yang berarti topeng. Topeng merupakan tutup mata yang sering digunakan oleh pemain panggung, maksud dari penggunaan istilah ini adalah untuk menggambarkan perilaku, watak atau pribadi seseorang yang dalam manifestasinya kehidupan sehari-hari tidak selalu membawakan dirinya sebagaimana adanya, melainkan selalu menggunakan tutup maka dengan tujuan untuk menutupi kelemahannya. (​Fati’ah​, 2004: 3)

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial yaitu perangkat perilaku tertentu yang merupakan dasar dari pemahaman diri sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan sosial serta tercapainya interaksi sosial secara efektif. (​Kunandar​, 2007: 56)

4. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional guru adalah kemampuan guru baik secara kualitas maupun kuantitas dengan melaksanakan seluruh tugas keprofesionalannya untuk mencapai tujuan pendidikan (​Lubis​, 2019: 36).

Daftar Pustaka

  1. Peraturan Pemerintah, 2008 . “PP No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru.” Diakses 9 September 2019. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4892/pp-no-74-tahun-2008
  2. Suprihatiningrum, Jamil. 2013. “Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, Dan Kompetensi Guru.” (Jakarta: Ar-Ruzz Media)
  3. Fati’ah, Kartika Nur. 2004. “Pemahaman Tingkah Laku .” (Jakarta: Rineka Cipta)
  4. Kunandar. 2007. “Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru.” (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
  5. Lubis, Reza Noprial. 2019. “Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Syarif Ar-Rasyid.” (Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/download/5862/2694.
reza_lubis_artikel

Ditulis oleh:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai informasi khususnya Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar