Kegiatan belajar mengajar

Pembelajaran

Kegiatan Belajar Mengajar: Pengertian, Tujuan dan Contoh

Kegiatan belajar mengajar, merupakan hal yang kerap sekali menjadi perhatian, untuk senantiasa dikembangkan. Kegiatan belajar tentu saja memiliki tujuan tertentu, yang pada dasarnya akan berpengaruh untuk tujuan pendidikan nasional.

Dalam kegiatan belajar mengajar, tentunya memiliki keterkaitan dengan strategi pembelajaran, metode pembelajaran, hingga pada evaluasi. Dengan keadaan ini, maka hal yang paling mendasar adalah mengetahui tentang dasar-dasar kegiatan belajar mengajar yang dimaksudkan itu. Mari kita lanjutkan.

Pengertian Kegiatan Belajar

Kegiatan belajar mengajar adalah sebuah aktivitas dimana dikumpulkannya orang-orang yang memebentuk kelompok, untuk diberikan ilmu (transfer knowledge) yang terstruktur dengan tujuan peembentukan perilaku manusia menjadi lebih baik.

Dalam berbagai literatur, Kegiatan belajar mengajar umumnya diistilahkan sebagai KBM. Dalam prosesnya, KBM menuntut harus dikembangkan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar di kelas yakni dengan menggunakan praktik belajar metode pembelajaran, strategi, media pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Sebuah kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana bila adanya proses transformasi ilmu dari seorang guru (pemberi keilmuan) dengan sekelompok manusia (peserta didik) dalam suatu ruang tertentu, dengan materi tertentu yang terstruktur.

Tujuan Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar, memiliki tujuan tertentu yang semestinya dicapai. Kegiatan belajar mengajar diciptakan memandang perlu berbagai hal, yang akan menjembatani tercapainya tujuan pendidikan secara umum.

Adapun tujuan kegiatan belajar mengajar yakni:

  • Menyampaikan keilmuan kepada peserta didik
  • Menggapai tujuan pendidikan Nasional
  • Mencerdaskan anak bangsa

Beberapa tujuan ini, inplisit dalam berbagai rangkaian kegiatan belajar yang dirancang sedemikian rupa. Hal ini, juga mengacu pada tujuan pendidikan skala Nasional.

Jenis Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar, juga dilangsungkan dengan memperhatikan jenisnya. Setidaknya, terdapat dua jenis kegiatan belajar mengajar, yang perlu diketahui. Adapun hal yang dimaksud itu antara lain seperti:

1. Kegiatan Belajar Mengajar Online

Salah satu jenis kegiatan belajar mengajar adalah dengan metode Online. Jenis yang satu ini bukanlah istilah yang baru, melainkan sudah cukup sering digunakan orang. Hanya saja, pada pemahaman masyarakat, hal ini masih awam disebabkan berbagai hal.

Kegiatan belajar mengajar online, mulai ramai digunakan sejak Abad 20, berada di tahun 2020 yang jenis belajar online ini menjadi sebuah keharusan untuk diterapkan, bahkan pada pendidikan formal sekalipun.

Itu dikarenakan terjadinya wabah penyakit (COVID-19) yang berbahaya, dan dalam upaya melindungi peserta didik belajar, diberlakukanlah pembelajaran dengan cara Daring (Dalam Jaringan).

Jenis kegiatan belajar Online ini, didefenisikan sebagai kegiatan pembelajaran yang dilangsungkan melalui perantara media online dengan koneksi internet yang menghubungkan antara guru dan siswa.

Oleh karenanya, pelaksanaan kegiatan belajar Online, mengedepankan persiapan media yang matang. Itu karena ia dipengaruhi oleh banyak hal seperti kelengkapan sarana teknologi yang memadai, ketersediaan jaringan internet yang tergolong baik, tersedianya pengeras suara (speaker) yang jernih, dan masih banyak lagi.

2. Kegiatan Belajar Mengajar Offline

Offline hanyalah sebuah istilah yang disandingkan dengan kegiatan Online. Offline maksudnya disini adalah kegiatan belajar yang mempertemukan antara guru dengan peserta didik melalui kelas tertentu dengan cara tatap muka langsung.

Itu berarti, antara guru dan siswa berada dalam satu tempat (ruangan) tertentu, yang memungkinkan untuk pertemuan mereka.

Hal ini adalah hal yang biasa kita lihat, seperti di sekolah. Pertemuan ini, tidak membutuhkan koneksi internet, atau media pendukung lainnya. Kehadiran masing-masing pihak menjadi bagian inti dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.

Contoh Kegiatan Belajar Mengajar

reza_lubis_artikel

Ditulis oleh:

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai informasi khususnya Pendidikan Islam.

Tinggalkan komentar