Kegiatan Belajar Mengajar


learning

Sering sekali kita mendengar istilah kegiatan belajar mengajar. Tetapi tidak sedikit diantara kita yang belum mengetahui dasar-dasar dari yang dimaksud dengan kegiatan ini.

Dalam artikel ini, akan diulas secara lengkap tentang apa yang dimaksud dengan kegiatan belajar mengajar itu sendiri.

Pengertian Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar adalah sebuah kegiatan yang dengan sengaja dirancang dengan sedemikian rupa agar dapat membelajarkan para manusia (peserta didik) dengan berbagai bahan pelajaran/ materi ajar yang diberikan.

Setiap kegiatan yang didalamnya terdapat aktivitas belajar mengajar (antara guru dan siswa), maka dapat diartikan ke dalam kegiatan belajar mengajar.

Pada intinya, kegiatan ini dapat dikatakan sebagai belajar mengajar apabila didalamnya terdapat aktivitas transormasi ilmu (pemberian ilmu pengetahuan) antara satu orang yang umumnya disebut sebagai guru, dengan orang yang lainnya yang biasa disebut siswa.

Ini tidak terbatas pada tempat pendidikan formal, melainkan ini juga dapat termasuk dalam pendidikan non-formal. Tetapi, istilah ini sangat sering diucapkan dalam pendidikan formal.

Manfaat Kegiatan Belajar Mengajar

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan dari kegiatan belajar mengajar ini. Diantaranya yaitu:

  1. Transformasi Ilmu antara guru dan peserta didik
  2. Membelajarkan manusia
  3. Menciptakan manusia yang insan kamil

Diantara beberapa manfaat kegiatan belajar mengajar yang dimaksudkan itu, adalah bagian umum dari banyaknya manfaat yang akan didapatkan dari mengikuti kegiatan belajar mengajar.

2 pemikiran pada “Kegiatan Belajar Mengajar”

Tinggalkan komentar

Copy link