,

Fungsi Evaluasi Menurut Ramayulis (2009)

Ditulis oleh
Diperbaharui 20 Januari 2019


Fungsi Evaluasi Menurut Ramayulis yang mengatakan bahwa evaluasi berfungsi sebagai umpan balik (feedback) terhadap kegiatan pendidikan. Ramayulis (2009: 241) juga mengatakan umpan balik ini berguna untuk:

  1. Ishlah, yaitu perbaikan terhadap semua komponen  pendidikan (perilaku, wawasan,  dan kebiasaan peserta didik).
  2. Tazkiyah, penyucian terhadap semua komponen pendidikan. Artinya, melihat kembali semua program yang dilakukan, penting atau tidak dalam kehidupan peserta didik.
  3. Tajdid, memodernisasi semua kegiatan pendidikan. Kegiatan yang tidak relevan dengan kepentingan internal maupun eksternal perlu diubah dan dicarikan penggantinya yang lebih baik.
  4. Al-dakhil, yaitu memasukkan sebagai laporan bagi orangtua peserta didik berupa rapor, ijazah, piagam, dan sebagainya.
makalah skripsi Fungsi Evaluasi Menurut Ramayulis (2009) terbaru pdf
Fungsi Evaluasi Menurut Ramayulis (2009)

Satu hal yang kiranya sangat penting yaitu Ta’abbudiyah dan ikhlas, diaktakan Ramayulis bahwa evaluasi dilakukan dengan penuh ketulusan dan pengabdian kepada Allah Swt. apabila prinsip ini dilakukan, maka upaya evaluasi akan membuahkan kesan husnuz-zhan (prasangka baik), terjadi perbaikan tingkah laku secara positif, dan menutupi rahasia-rahasia buruk pada diri seseorang (Ramayulis, 2009: 246).

Daftar Pustaka/link/button

Tinggalkan komentar