Defenisi Perencanaan Pendidikan dalam Islam

Ditulis oleh
Diperbaharui 18 Januari 2019

Perencanaan adalah langkah pertama yang harus diperhatikan oleh manajer dan para pengelola pendidikan Islam. Tanpa perencanaan yang baik, lembaga pendidikan Islam tidak akan maju dan berkualitas (Mutohar, 2013: 40). Marno dan Triyo Supriyatno (2008:13) mengatakan bahwa  perencanaan merupakan salah satu hal penting yang perlu dibuat untuk setiap usaha dalam rangka mencapai suatu tujuan. Demikian pula halnya dalam konsep pendidikan Islam, perencanaan menjadi langkah awal yang harus diperhatikan oleh para manajer dan para pengelola pendidikan khususnya dalam lembaga berbasis Islam.

Oleh karena itu, perencanaan dianggap bagian yang paling penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah lembaga pendidikan atau organisasi. Kesalahan dalam menentukan perencanaan akan berakibat sangat fatal bagi keberlangsungan sebuah lembaga pendidikan Islam maupun organisasi lainnya. Bahkan Allah memberikan arahan kepada setiap orang yang beriman untuk mendesain sebuah rencana apa yang akan dilakukan di kemudian hari, sebagaimana firman-Nya dalam Alquran surat Al-Hasyr ayat 18 yang berbunyi:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٞ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٖۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ  ١٨ 
Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Menurut Cuningham (Made Pidarta, 2010: 1) mengatakan bahwa perencanaan adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima dan digunakan dalam penyelesaian. Perencanaan dalam pengertian ini menitikberatkan kepada usaha untuk menyeleksi dan menghubungkan sesuatu dengan kepentingan masa yang akan datang serta usaha untuk mencapainya.
Sedangkan menurut Bintoro Tjokroamidjojo (Sa’ud dan Syamsuddin, 2005: 4) menyatakan bahwa, perencanaan dalam arti luas adalah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, perencanaan juga merupakan hubungan antara apa yang ada sekarang (what is) dengan bagaimana seharusnya (what should be) yang berkaitan dengan kebutuhan, penentuan tujuan, prioritas, program dan alokasi sumber (Made Pidarta, 2010: 3).
DEFINISI%2BPERENCANAAN%2BPENDIDIKAN%2BDALAM%2BISLAM
Defenisi Perencanaan Pendidikan Dalam Islam

Senada dengan hal di atas, Beeby C.E. (Asnawir, 2005: 15) menyatakan bahwa perencanaan pendidikan adalah penerapan ramalan dalam menentukan kebijaksanaan, prioritas, ekonomi dan politik, potensi sistem untuk berkembang, kepentingan negara dan pelayanan masyarakat yang mencakup dalam sistem tersebut. 
__________________________
DAFTAR PUSTAKA
Asnawir. 2005. Administrasi Pendidikan. TP: IAIN IB Press.
Mutohar, Prim Masrokan. 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pidarta, Made. 2010. Perencanaan Pendidikan Parsipatori. Jakarta: Rineka Cipta.
Sa’ud, Udin Syaifuddin dan Syamsuddin, Abin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Supriyatno, Triyo dan Marno. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama

Tinggalkan komentar