Sosialisasi DAK BOP PAUD 2019 di Hotel LJ Medan

sosialisasi dak bop paud

DAK BOP PAUD 2019 maksudnya disini adalah singkatan dari Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan ini dilaksanakan pada rabu 24 april 2019 di hotel JL Kota medan, Sumatera utara. Kegiatan ini menghadirkan berbagai pemateri yang dinilai cukup baik dalam penyampaian atau penyajian materinya.

Pemateri dalam hal ini membicarakan tentang dana alokasi PAUD yang disebut dengan BOP PAUD. Pebahasan ini lebih mengarah kepada bagaimana implementasi dari dana yang didapatkan tersebut. Selain itu, pembahasan dalam pertemuan ini adalah membahas tentang bagaimana menciptakan kreativias guru paud dengan dibantu dana pendukung paud.
Para pendengarpun terlihat begitu merespon apa yang disajikan pemateri pada kesempatan ini. Hal ini terlihat dari berbagai pertanyaan yang ditanyakan oleh para pendengar kepada pemateri. Pertanyaan dalam hal ini tentunya berkaitan dengan pendidikan anak usia dini, khususnya tentang alokasi dana BOP PAUD di tahun 2019.
Ada sesuatu yang berbeda disini, antara dana BOP PAUD di tahun 2019 ini bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahwa, dalam buku pedoman juknis BOP PAUD 2019 ini tidak ditemukan adanya pembolehan untuk penggunaan dana BOP untuk keperluan buku peserta didik. Padahal, tahun sebelumnya diperbolehkan. Ini yang menjadi catatan tersendiri bagi para pendengar. Namun, hal itu tidak semata-mata buruk. Penjelasan yang baik juga dijelaskan oleh narasumber bahwa tentu itu hal yang baik. Karena, bila dilihat hal demikian itu tentu akan memperhatikan kinerja guru. Hal ini akan berorientasi pada proses.
Hal lain yang disampaikan disini adalah bahwa dalam pelaporan penggunaan pendanaan BOP PAUD, terdapat Undang-undang untuk penggunaan materai, baik itu materai 3000 maupun materai 6000 masing-masing ada tempatnya.
Semoga informasi ini bermanfaat. 

Tinggalkan komentar