Pentingnya Kompetensi Kepribadian Guru

Gambar Tentang Pentingnya Kompetensi Kepribadian Guru, kepribadian guru pai, kompetensi kepribadian guru pai,

Kompetensi

Kompetensi itu merupakan sebuah kemampuan yang ada pada diri seseorang. Kompetensi itu sesuatu yang seharusnya ada. Segala sesuatu itu bisa saja memiliki kompetensi tertentu sesuai dengan yang dikehendaki. Misalnya begini, dalam mengajar tentu ada kompetensi yang harus dimiliki, yaitu memiliki Rencana pembelajaran, media pembelajaran, dan sebagainya. Nah, bagian itu merupakan sebuah kompetensi yang harus dimiliki sebelum mengajar. Jadi, orang yang mengajar itu berarti menyiapkan rencana pembelajaran, media pembelajaran, dan seterusnya.

Kompetensi Guru

Dari makna kompetensi yang telah disebutkan sebelumnya, maka disini bila dikaitkan dengan kompetensi guru, maka maknanya menjadi sebuah kemampuan yang ada pada diri seorang guru. Kompetensi guru itu ada 4 bagian, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Kepribadian Guru

Kepribadian itu memanglah hak dari diri seseorang. Namun, pada konteks pengajaran, guru dirasa perlu untuk melengkapi kompetensi sesuai dengan apa yang dibuatkan oleh pemerintah. Tujuannya yaitu tidak lain dan tidak bukan hanya untuk mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Guru sebagai komponen dari pendidikan dirasa perlu untuk diberi semacam alur agar kiranya dapat mencapai apa yang dicita-citakan dalam pendidikan di Indonesia.

Kepribadian guru itu maksudnya kepribadian yang 4 yang telah disebutkan di atas, salah satunya yaitu kompetensi kepribadian. kepribadian guru disini ada sub-sub nya lagi, misalnya memiliki sikap jujur, penyabar, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, mengenai kompetensi kepribadian guru PAI dapat anda lihat disini.

Pentingnya Kompetensi Kepribadian Bagi Guru

Kompetensi menjadi bagian yang terpenting bagi seorang guru. Terlebih di era globalisasi ini, guru harus lebih memperhatikan kompetensi yang seharusnya dimilikinya. Disinilah letak pentingnya kompetensi kepribadian bagi Guru. Bayangkan bilamana guru itu tidak memiliki rujukan tentang kompetensi yang harus dimilikinya, maka cara mengajarnya pun tidak akan terarah. Alih-alih mencapai tujuan pendidikan secara nasional, tujuan pendidikan dalam suatu topik pembelajarannya di kelaspun dikhawatirkan tidak akan tercapai.

Kepribadian yang baik yang dimunculkan dari sikap dan perilaku seorang guru akan ditirukan oleh para peserta didiknya .Untuk itu, kepribadian yang baik itu perlu di kuasai oleh para guru. Kepribadian tidak hanya berbicara perseorangan tentang diri pribadinya, kali ini kepribadian guru itu sudah diatur oleh undang-undang untuk dipenuhi demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu, bagian ini merupakan bagian yang dirasa cukup penting bagi guru untuk diaplikasikan dalam kegiatan mengajarnya sehari-hari.

Tinggalkan komentar