Pendidik di Lembaga Taman Kanak-Kanak

gambar tentang pendidik dalam di lembaga taman kanak-kanak
Pendidik di Lembaga Taman Kanak-Kanak

Siapa itu Guru Taman Kanak-kanak? Adalah guru yang ada dilembaga Taman Kanak-kanak. Bila jawaban demikian itu, tentu sangatlah singkat dan belum memberi arti yang sesungguhnya untuk guru Taman Kanak-kanak. Untuk menjawab pertanyaan ini, tidak serta merta dapat menjawabnya dengan jawaban yang biasa-biasa, maksudnya tanpa alasan tertentu. Kami menyebut guru Taman Kanak-kanak itu adalah guru yang hebat. Mengapa demikian?

Coba kita lihat, kadang kala ketika melihat seorang ustad berbicara di depan atau berceramah, terkadang bila berbicara di hadapan anak usia dini, ustad itu akan kesulitan dalam upaya untuk menenangkan peserta didik itu. Nah, hal ini hanya dimiliki seorang guru Taman Kanak-kanak. Guru Taman Kanak-kanak adalah guru manusia yang hebat. Guru Taman Kanak-kanak bila kita lihat di dalam kelas, seorang guru saja dapat menangani beberapa peserta didik dan menenangkan kondidi di dalam kelas. Bagaimana mungkin ini bisa terjadi? Tentu dengan tehnik dan cara tersendiri. Itulah suatu kelebihan yang ada pada diri seorang guru Taman Kanak-kanak dan tidak dimiliki oleh sekian banyak orang.
Mereka bukanlah guru yang bisa dianggap remeh. Mereka mampu menyampaikan materi ajarnya dihadapan peserta didik yang notabane usianya itu sangatlah dini. Usia 3-5 tahun adalah usia bermain. Guru Taman Kanak-kanak itu mampu menyeimbangkan keadaan di dalam kelas antara bermain dan belajar. Sungguh luar biasanya guru Taman Kanak-kanak ini.
Merekalah awal dari pendidikan formal ini. Merekalah yang membuka wawasan dini bagi anak-anak usia dini. Mereka yang memulai semuanya, hingga peserta didiknya melanjut ke Sekolah Dasar, SMP, dan selanjutnya. Tujuan mereka mengajar di lembaga Taman Kanak-kanak hanya untuk menyiapkan anak-anak usia 3-5 tahun untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Sungguh awal yang baik bilamana guru Taman Kanak-kanak ini adalah guru yang baik dalam mengajarnya.
Guru Taman Kanak-kanak disini juga tidak dibebaskan begitu saja. Guru Taman Kanak-kanak disini juga harus dapat memenuhi kriteria berdasarkan peraturan pemerintah. Kompetensinya diatur oleh undang-undang. Kalian bisa melihat dan mendownload kompetensi guru Taman Kanak-kanak ini dalam catatan di bawah.
Guru Taman Kanak-kanak bukanlah guru yang dapat dianggap remeh. Guru Taman Kanak-kanak ini adalah awal dari pendidikan kita. Guru Taman Kanak-kanak ini adalah orang yang memulai pendidikan kita. Sehingga, guru Taman Kanak-kanak  ini perlu untuk diperhatikan mengingat bahwa hadirnya program Taman Kanak-kanak tidak lain untuk menyiapkan anak didik ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Tinggalkan komentar