Market Day Anak TK

Kegiatan Anak TK Di Sekolah

TK merupakan suatu lembaga pendidikan yang bergerak dalam bidang pendidikan tingkat dini. Dimana, program pendidikan disini mensyaratkan peserta didiknya berusia 4-6 tahun saja. Jenjang ini merupakan jenjang pendidikan yang menjalankan berbagai program dengan mengedepankan prinsip bermain sambil belajar, bukan belajar sambil bermain. Untuk itu, perlu dilahirkan atau dihadirkan berbagai kegiatan-kegiatan yang edukatif dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah TK. Ada banyak kegiatan anak TK di sekolah, salah satunya yaitu market day. Berikut ini akan diulas tentang kegiatan market day anak TK beserta dengan contoh market day anak TK.

Market Day Anak TK

Market Day Anak TK merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam lingkungan TK, yaitu kegiatan semacam market atau jual beli dalam lingkungan sekolah. Kegiatan ini tentu diperankan langsung oleh siswa. Namun, pada kondisi lain juga dapat diikutsertakan orangtua siswa dalam kegiatan ini. Menarik memang bila mengikutsertakan para orangtua siswa dalam kegiatan ini. Selain menambah jumlah peserta dalam kegiatan ini sehingga terlihat cukup ramai, nilai positif lainnya juga akan didapat oleh para orangtua peserta didik itu sendiri. Para orangtua itu tentu dapat menilai kemampuan anaknya dalam urusan hitung menghitung.

market day untuk anak tk

Untuk pelaksanaannya sendiri, sebaiknya gunakan waktu saat-saat libur kerja, atau mungkin bisa di hari sabtu. Mengapa demikian? Pada hari sabtu ini, biasanya para orangtua siswa memiliki waktu luang untuk menghadiri kegiatan market day anak TK ini. Jadi, ini keuntungan bagi para lembaga penyelenggara pendidikan tingkat TK itu sebagai wadah untuk komunikasi terhadap orangtua siswa. Disamping itu, masyarakat luas akan menilai dan kemungkinan akan mendapatkan nilai positif, akan kegiatan market day anak tk yang dilaksanakan itu. Apalagi sampai para masyarakat luas itu ikut singgah, dan membeli jajanan yang disajikan siswa. Tentu ini membantu dalam hal promosi sekolah.

Contoh Market Day Anak TK

Contoh Market Day Anak TK disini maksudnya contoh dari pelaksanaan kegiatan market day untuk anak tk itu sendiri. Berikut ini akan dituliskan tentang Contoh Market Day Anak TK yang dapat diterapkan dalam lembaga TK masing-masing. Adapun contohnya sebagai berikut:
Kita ambil salah satu bagian yang dijual dalam kegiatan Market Day Anak TK. Katakanlah contohnya itu gorengan. Sekolah menyediakan bahan gorengan, untuk diperjual belikan dalam kegiatan market day untuk anak TK ini. Setelah guru meracik dan memasaknya hingga matang dan siap untuk disajikan, guru menyiapkan tempat dagangan berupa meja yang diberikan berbagai dekorasi demi untuk memikat pelanggan untuk membelinya. Perhatikan contoh tampilan meja di bawah ini:

market day untuk anak tk

Kalau di lihat pada gambar di atas, terlihat bahwa terdapat pernak pernik yang disiapkan dengan sebaik mungkin dengan perencanaan yang matang. Terdapat juga daftar menu yang dipampangkan di atas meja jualan para peserta didik. Tentu, modifikasi semacam ini akan diharapkan lahir dari kreatifitas siswa, terlebih bilamana ia nanti menjadi seorang pelaku ekonomi. Tentu sangatlah bermanfaat.
Contoh lain dapat juga dilihat pada gambar di bawah ini:

market day untuk anak tk

Contoh yang satu ini, juga terlihat lebih kreatif dan educatif. Dimana, memberikan kesan gambar-gambar yang cocok untuk anak usia TK untuk kegiatan market day anak TK ini. Mungkin dapat dipilih salahsatunya untuk dijadikan sebagai referensi dalam pelaksanaan kegiatan market day anak TK ini.
Tweet: Tema Identitasku Untuk Anak TK PAUD https://www.kinglubis.xyz/2019/03/tema-identitasku-untuk-anak-tk-paud.html

Menu Market Day Anak TK

Sebagai bahan pertimbangan, guru dapat melihat berbagai Menu Market Day Anak TK untuk dapat diterapkan dalam kegiatan market day anak TK ini, diantaranya sebagai berikut:
  1. Gorengan
  2. Jelly
  3. Agar-Agar
  4. Minuman atau air mineral
  5. Sayuran
  6. Buah-buahan
  7. Kacang-kacangan
  8. Makanan Ringan
Delapan Menu Market Day Anak TK di atas bisa saja diterapkan dalam kegiatan market day anak TK. Namun, namanya saja untuk diperdagangkan anak didik, tentu sesuaikanlah dengan harga yang dipasarkan. Sebaiknya, tidak memasarkan barang yang jumlahnya melebihi nilai Rp. 5000,-. Ini dimaksudkan agar terhindar dari kesulitan dalam penjualan dan pembelian dalam kegiatan market day anak TK ini. Tidak pula baik bagi siswa, bilamana ia memegang uang dengan jumlah yang besar. Khawatirnya, nanti dia akan selalu mengingat tentang uang, uang, uang dan selalu uang.
Demikian artikel tentang Market Day Anak TK ini. Semoga dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Tinggalkan komentar