Ini Jadwal Pesantren Kilat Untuk Anak TK PAUD

Ini Jadwal Pesantren Kilat Untuk Anak TK PAUD

Pesantren kilat seperti apa yang kita ketahui bermakna kegiatan yang dilakukan anak didik di sekolah dalam masa bulan ramadhan dengan berbagai kegiatan keagamaan dalam upaya mencapai keridhoan Allah. Anak TK sendiri memang dinilai jarang menerapkan kegiatan semacam pesantren kilat ini, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Tentu, kegiatan ini banyak mendatangkan manfaat bilamana dilaksanakan dalam lembaga pendidikan atau sekolah

Pesantren Kilat

Pesantren kilat itu sendiri seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bermakna sebuah kegiatan dimana dilakukan dalam masa bulan ramadhan. Banyak contoh kegiatan yang dapat dilakukan, seperti memberikan ceramah keagamaan, membuat kegiatan keagamaan, membaca Alquran, dan lain sebagainya.

Manfaat Kegiatan Pesantren Kilat

Tentu, kegiatan pesantren kilat ini mendatangkan banyak manfaat. Mungkin bagi sekalian orang, memiliki manfaat yang lain, sementara sebagian yang lain merasa manfaat yang lain. Namun, pada kali ini akan dibuatkan manfaat secara umum, yaitu sebagai berikut:

  • Insyaallah mendatangkan keberkahan
  • Timing yang tepat dalam melakukan kegiatan keagamaan
  • Membantu guru dalam tujuan pembelajaran khususnya keagamaan
  • Memberikan nilai baik dimata masyarakat setempat.
  • Tidak membuang waktu sia-sia

Disamping manfaat seperti yang disebutkan di atas, terdapat juga hal yang dikhawatirkan akan terjadi bilamana kegiatan ini diselenggarakan. Dalam kajian ini, kekhawatiran itu lebih besar akan hadir bilamana kegiatan ini dilakukan untuk pendidikan tingkat TK.

Kekhawatiran
Anak TK itu masih terbilang golongan usia dini. Jadi, terkadang mereka merasa malas untuk hadir ke sekolah. Terlebih lagi bila mereka sedang melaksanakan puasa, tentu anggapan ini menjadi momok yang akan hadir dalam hari-hari pesantren kilat.

Tantangan yang ada bahwa, guru perlu menerapkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Bila hari biasanya menghabiskan waktu untuk belajar, alangkah lebih baiknya bilamana kegiatan ini dihiasi atau dimodifikasi dengan kegiatan yang lebih renggang. Bisa dengan menerapkan kerja kelompok, atau dengan bermain.

Bagi seorang guru atau penyelenggara pendidikan, tentu kekhawatiran di atas itu menjadi sesuatu yang perlu untuk diperhatikan. Bagaimana caranya, agar anak TK itu tidak bosan saat melakukan kegiatan ini. Masalah waktu juga menjadi perhatian. Sebaiknya tidak menjalankan waktu yang cukup lama dalam kegiatan ini. Ciptakanlah kegiatan yang mengandung nilai praktik lebih besar, ketimbang kegiatan yang bersifat teoritis.

Beberapa Contoh Kegiatan Yang Dapat Dipertimbangkan

Ada satu kegiatan yang dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam kegiatan pesantren kilat di TK ini. Penjelasannya akan dirincikan sebagai berikut:

  • Melakukan kegiatan semacam membuat prakarya.
  • Lakukan secara berkelompok atau individu.
  • Buatlah kegiatan ini semenarik mungkin. Biasanya, untuk menarik perhatian dapat merancang kegiatan yang penuh tantangan dalam setiap harinya.

Jadwal pesantren Kilat

Untuk Jadwal Pesantren Kilat Itu sendiri, bila diperlukan anda dapat mendownloadnya dibagian bawah dari penjelasan ini:
Jadwal Pesantren Kilat

Dengan memperhatikan deskripsi di atas, maka tentu kegiatan pesantren kilat di TK ini memandang perlu untuk memperhatikan semacam tujuan, manfaat, dan bentuk kegiatan yang dilaksanakan. Sebagai catata, agar kiranya tidak memberikan kegiatan yang memakan waktu cukup lama dan kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra. Sebaiknya untuk mengupayakan kegiatan yang sederhana dan mengarah pada kegiatan keagamaan.

Semoga artikel tentang Ini Jadwal Pesantren Kilat Untuk Anak TK PAUD dapat bermanfaat. Bila ada hal yang ingin di tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.

Tinggalkan komentar