Evaluasi Pembelajaran PAI

evaluasi_pembelajaran_pai

Evaluasi Pembelajaran PAI – Kali ini saya ingin menjelaskan kepada anda, terlebih bila anda itu seorang guru. Namun, saya sangat yakin bahwa anda yang mengunjungi situs ini adalah seorang guru. Oke, disini saya ingin memberikan sedikit informasi atau pengetahuan yang saya ketahui tentang Evaluasi Pembelajaran PAI.
Ada hal yang paling mendasar yang perlu kita ketahui sebelum kita melanjut pada bagian lainnya, yaitu tentang apa yang dimaksud dengan evaluasi itu sendiri.

Pengertian Evaluasi Pembelajaran PAI

Untuk mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan evaluasi pembelajaran PAI, tentu kita harus terlebih dahulu paham tentang apa itu evaluasi, dan apa itu pembelajaran PAI. Dari judul ini, dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu evaluasi dan pembelajaran PAI. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Evaluasi

Evaluasi merupakan suatu kegiatan anlisa terhadap sesuatu yang telah terjadi dengan memandang berbagai aspek, diantaranya kelebihan, kekurangan, kelemahan, dan keunggulah dari suatu kegiatan yang telah terjadi.
Jadi, evaluasi itu letaknya ada di akhir kisah atau kegiatan. Tidak akan pernah dijumpai evaluasi itu di awal kejadian. Nah, disini mungkin sudah mengerti tentang apa itu evaluasi.
Oke, sebagai contoh lain yang dapat ditambahkan begini:
Anda terlambat datang ke kampus dikarenakan berbagai macam penyebab. Contoh misalnya, kemacetan itu membuat anda terlambat untuk datang ke kampus.
Setelah anda mengetahui bahwa kemacetanlah yang membuat anda terlambat untuk datang ke kampus, pada saat itulah anda sebenarnya sedang melakukan kegiatan yang namanya evaluasi.
Anda melihat dari berbagai pandangan, mulai dari sebab, akibat, dan jalan keluarnya. Ketika anda berbicara tentang apa penyebabnya, kemudian jalan keluar yang harus dilakukan, dan lain sebagainya sebenarnya itu anda sedang melakukan anlisa terhadap suatu kejadian atau kegiatan. Nah, disini yang dimaksud analisa itu, yaitu memandang tentang penyebabnya, latar belakangnya, hingga pada jalan keluarnya.
Oke, bagian di atas itu merupakan pengertian evaluasi secara umum. Dianggap anda sudah mengerti akan pengertian evaluasi. Setelah itu, kita akan melanjut pada pengertian dari Pembelajaran PAI.

Pembelajaran PAI

Pembelajaran PAI merupakan suatu bidang studi yang telah berdiri sendiri yang menyajikan materi berdasarkan Alquran dan Hadis.
Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI itu adalah sebuah mata pelajaran yang berdiri sendiri dan menyajikan tentang Islam sesuai dengan sumber pokok ajaran Islam, yaitu Alquran dan Hadis. Tentu, didalamnya berisikan tentang ayat-ayat Alquran dan Hadis.
Saya sendiri pernah membuat sebuah makalah, namun tidak menyertakan ayat-ayat Alquran dan Hadis. Disitu saya ditegur oleh dosen karena tidak mencantumkan ayat Alquran atau hadis di dalamnya.
Setelah mengetahui tentang ke dua hal di atas, maka sekarang kita akan satukan ia menjadi sebuah pengertian yang utuh. Jadi, evaluasi pembelajaran PAI itu adalah sebuah kegiatan melakukan analisa terhadap mata pelajaran PAI yang dilakukan secara terstruktur untuk mengetahui tingkat ketercapaian tujuan dalam pembelajaran PAI.
Oke. Sampai disini, secara umum pengertian tentang evaluasi pembelajaran PAI itu sudah dipahami. Namun, ada sedikit yang perlu dijelaskan secara rinci, yaitu tentang kata “terstruktur” yang ada pada pengertian di atas. Disini akan dijelaskan secara singkat.
Kata “struktur” yang dimaksudkan di atas itu adalah tersusun. Jadi, bila seorang guru melakukan evaluasi, maka selayaknyalah dilakukan secara terstruktur. Terstruktur disini juga dimaksudkan agar kiranya evaluasi yang dilakukan itu mengikuti susunan atau tata cara pengevaluasian yang ada diberbagai teori. Bahkan, untuk kegiatan evaluasi ini sendiri sudah diberikan arahan dari pemerintah. Jadi, guru hanya tinggal melaksanakannya saja tanpa perlu ambil repot untuk menuliskan tentang bagaimana susunannya, bagaimana format penulisannya, semuanya itu biasanya sudah ada dalam RPP guru dan sudah diberikan rujukan tentang pembuatan RPP guru.

Objek Evaluasi Pembelajaran PAI

Pertanyaan ini sering sekali muncul, dan pada dasarnya guru itu sudah tahu tentangnya. Namun, jarang sekali terlihat secara gamblang tentang evaluasi segala ranah. Oke, terkhusus untuk PAI, dirasa sangatlah penting atau bahkan wajib untuk menjalankan 3 ranah pendidikan. Adapun 3 ranah yang dimaksud itu adalah:
  • Ranah Pedagogik
  • Ranah Afektif
  • Ranah Psikomotorik
Ketiga ranah tersebut itu merupakan hal yang wajib dilakukan oleh PAI. Mengapa? Karena, PAI sejatinya adalah mata pelajaran yang diberi tanggung jawab untuk merubah sikap manusia menjadi manusia yang insan kamil seperti apa yang dicita-citakan bangsa. Disini, tentu pembahasan yang paling besar itu adalah berbicara persoalan moral.
Moral, itu tidak hanya berbicara pedagogik atau pengetahuan, melainkan lebih besar berbicara persoalan afektif dan psikomotorik. Karena, bagian ini akan terjun di lapangan bersama masyarakat. Anak yang agamanya baik, maka insyaallah perilaku kemasyarakatannyapun diharapkan akan baik. Begitu pula sebaliknya, bila buruk, maka akan dikhawatirkan perilaku kemasyarakatannya.
Oleh sebab itu, berdasarkan pandangan di atas, maka dirasa perlu untuk menerapkan evaluasi terhadap 3 ranah ini. Saya yakin dan percaya bahwa tiap-tiap guru sudah memahami akan hal ini berdasarkan teori. Namun, pada aplikasinya di sekolah atau lembaga masing-masing, hal ini sering sekali terabaikan. Atau, mungkin bukan diabaikan, melainkan evaluasi yang dilakukan itu tidak secara terbuka.

Cara Melakukan Evaluasi Pembelajaran PAI

Mengenai cara melakukan evaluasi pembelajaran PAI ini, tentu setiap orang pada dasarnya berbeda-beda. Namun disini yang difokuskan adalah tentang format penulisan dan tindakan yang dilakukan menurut peraturan pemerintah.
Oke, begini melakukan evaluasi pembelajaran PAI:
  • Setelah guru melakukan pembelajaran, maka di akhir materi akan dilakukan namanya evaluasi. Bisa dengan melakukan penilaian kelompok, atau ujian tentang materi yang disajikan.
  • Setelah ujian selesai, maka anda akan mendapatkan hasil ujian para siswa tersebut dengan memeriksanya terlebih dahulu.
  • Setelah diperiksa, maka selanjutnya anda melakukan rangking untuk tiap-tiap anak. Rangking disini dimaksudkan hanya untuk materi ini saja, bukan untuk rangking kelas dalam satu semester.
Bentuk evaluasi di atas itu merupakan bagian dari evaluasi pedagogik, dimana anda hanya melihat hasil capaian siswa dari pengetahuannya semata. Anda belum melakukan ranah yang lainnya, yaitu tentang afektif dan psikomotorik.
Afektif dan Psikomotorik merupakan ranah yang paling jarang sekali diterapkan oleh para guru PAI. Padahal terkhusus untuk mata pelajaran PAI sendiri, kedua hal ini adalah penentu yang berpengaruh.
Sebagai bahan tambahan, mungkin anda juga perlu untuk melakukan evaluasi untuk ranah afektif dan psikomotorik. Untuk melihat lebih jauh, saya pikir anda perlu mengunjungi tulisan saya tentang 3 ranah yang wajib di evaluasi pada mata pelajaran PAI.

Satu pemikiran pada “Evaluasi Pembelajaran PAI”

Tinggalkan komentar