Bukan Penurunan Makna, Ini Tujuan Wisuda TK

Bukan Penurunan Makna, Ini Tujuan Wisuda TK

Bukan Penurunan Makna, Ini Tujuan Wisuda TK –  Bicara persoalan wisuda, bukan merupakan sesuatu hal yang baru lagi dalam kajian pendidikan. Program wisuda ini merupakan kegiatan yang umum dilakukan pada tiap tahunnya. Wisuda, ditandai dengan tamatnya seseorang dalam menimbah ilmu melalui sekolah atau universitas. Namun, bagaimana dengan wisuda dalam lingkup TK? Ini penjelasannya.

Makna Wisuda

Seperti yang dituliskan dalam wikipedia tentang Wisuda, memberi penjelasan bahwa wisuda sebagai penanda seseorang telah menyelesaikan tugasnya sebagai pelajar di sekolah atau universitas. Serupa dengan pengertian yang dimuat dalam KBBI Online, yang juga memberi penjelasan bahwa kegiatan wisuda itu merupakan sebuah peresmian atau pelantikan yang dilakukan secara khidmat.

Secara garis besar, wisuda ini diberlakukan untuk para mereka yang menyelesaikan kegiatan kuliah di universitas. Munculnya artikel mengenai kritik terhadap wisuda TK merupakan suatu upaya akan mengembalikan nilai atau makna dari wisuda. Dalam hal ini, apakah arti wisuda itu benar-benar hilang bilamana diterapkan dalam pendidikan renda seperti TK? Untuk menjawab hal ini, tentu diperlukan adanya stusi yang dilakukan secara khusus untuk mengupas tuntas paradigma itu. Hingga kini, tanggapan berarti belum ditemukan.

Paling tidak, ada satu titik dimana kegiatan Wisuda untuk anak TK ini benar-benar memiliki arti. Untuk menetahui titik itu, diperlukan adanya pengamatan terhadap pendidikan TK bahwa diperlukan stimulus tambahan bagi anak didik di TK.

Tujuan Wisuda TK

wisuda tk

Pendidikan tidak menghilangkan nilai reward di dalamnya. Wisuda, adalah salah satu bentuk reward yang diberikan untuk mengapresiasi segala ketercapaian yang diperoleh peserta didik. Disinilah letak poin inti dalam kegiatan ini. Tujuan dari kegiatan Wisuda TK tentu saja untuk mengapresiasi segala prestasi siswa dalam belajarnya sekaligus sebagai penyemangat bagi para peserta didik akan pendidikan. Harapan nyata bahwa dengan kegiatan ini, diharapkan akan membangun minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Statement
Mereka masih anak-anak. Mereka belum paham hal itu!!

Stimulus merupakan suatu hal yang tidak tampak, namun memberi pengaruh besar terhadap anak didik. Mereka akan menilai sendiri dari apa yang mereka lakukan, dari pengalaman belajarnya. Dengan memberikan apresiasi, tentu akan membantu meningkatkan semangat anak untuk melanjutkan belajar ke tingkat yang lebih tinggi. Walau pada dasarnya pemberian apresiasi tidak hanya dilakukan dengan kegiatan wisuda, setidaknya kegiatan ini mampu memberi nilai positif bagi perkembangan siswa.

Guyonan Eksploitasi

Memang, nilai ekonomi menjadi sesuatu yang patut dipertimbangkan dalam suatu hal. Misalnya saja dalam melaksanakan suatu kegiatan, bilamana kegiatan itu dilakukan dengan sederhana dan hanya berpatokan pada tujuan inti dalam suatu kegiatan, maka kemungkinan besar kegiatan itu akan jauh lebih bermanfaat. Sebaliknya, bilamana terdapat bentuk eksploitasi di dalamnya, dikhawatirkan kegiatan yang dilaksanakan itu akan menjadi kegiatan yang sia-sia.

Dirasa, lembaga perlu untuk mempertimbangkan dan memperhatikan hal ini secara serius. Membangun komunikasi dan kerjasama dari berbagai pihak tentu akan mempermudah langkah untuk kegiatan yang lebih baik.

Tinggalkan komentar