Barcode SPTJM Tidak Muncul: Ini Cara Mengatasinya

Barcode SPTJM tidak muncul? Anda akan dengan mudah mendapatkan jawaban atas permasalahan anda itu.

Belakangan ini sedang ramai membicarakan persoalan SPTJM. SPTJM adalah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang telah disediakan oleh Kemendikbud melalui laman Info GTK masing-masing.

Jika anda lebih menyukai Video, ini panduannya:

Mari lanjutkan membaca panduan ini.

Bagian 1

Tentang Barcode SPTJM

SPTJM merupakan singkatan dari Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dari penerima bantuan BSU. SPTJM merupakan salah satu persyaratan untuk dapat melakukan pencairan dana di Bank yang dituju. Ini tertera dalam persyaratan yang dapat ditemukan dalam laman info GTK masing-masing penerima bantuan BSU.

Setiap guru yang berhak mendapatkan Bantuan BSU ini, maka tombol ini akan tersedia pada bagian paling bawah dari tampilan profil Info GTK. Ini adalah sesuatu yang wajib dilengkapi tatkala sang penerima bantuan ingin mencairkan dana bantuan mereka ke Bank yang dituju.

Dalam lampiran lembaran SPTJM, terdapat sebuah lokasi dimana diisi dengan materai yang dibubuhi tanda tangan penerima, dan di sisi sebelah kanan kiri terdapat barcode penerima.

barcode-sptjm

Oleh karenanya ini harus dilengkapi dalam proses pencairan di Bank tujuan. Tetapi terkadang ditemukan kendala bagi sebagian orang, yakni barcode SPTJM tidak muncul. Mungkin ini karena koneksi, atau pembatasan tertentu dari Browser mereka.

Bagian 2

Mengatasi Barcode SPTJM Tidak Muncul

Memang bagi sebagian orang, barcode SPTJM dapat muncul dengan mudah. Tetapi, itu tidak terjadi pada sebagian orang lainnya. Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab ini, seperti koneksi, atau persoalan peramban tertentu.

Tetapi, anda dapat dengan mudah memunculkan barcode SPTJM yang tidak muncul itu hanya dengan beberapa langkah saja. Simak penjelasan berikut, untuk menyelesaikan barcode SPTJM tidak muncul.


1. Login ke Info GTK

Silahkan anda login ke https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Disana, anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan, yaitu Login GKT Langsung atau Login menggunakan SSO.

Kedua pilihan ini sama saja, melainkan sebuah pilihan yang dapat membantu anda untuk masuk ke Akun Info GTK anda.

Ketahui panduan Membuka Info GTK dari SSO untuk lebih lanjut.

jalur-login-info-gtk

Selanjutnya, silahkan masukkan email dan password individu GTK.

login-infogtk

2. Temukan Tombol Cetak SPTJM

Bila anda sudah mendapatkan keterangan bahwa dana sudah dicairkan, maka semestinya anda sudah mendapat informasi mengenai hal-hal apa saja yang perlu dilengkapi untuk pencairan dana.

barcode-SPTJM-tidak-muncul

Untuk lebih jelasnya, dapat diliha pada gambar berikut ini:

tombol-cetak-sptjm

Pada bagian bawah, anda akan menemukan sebuah persyaratan untuk melengkapi SPTJM dari akun yang bersangkutan.

Silahkan temukan dan Klik tombol “Cetak SPTJM


3. Klik Kanan Lokasi Gambar Barcode SPTJM

Sayangnya, koneksi saya saat menuliskan artikel ini sedang dalam keadaan baik-baik saja. Jadi, saya menampilkan sebuah contoh pada Kolom Materai.

Bila gambar Barcode tidak muncul, maka akan melambangkan seperti apa yang terliaht pada gambar materai yang ada di gambar ini.

klik-kanan-foto-untuk-barcode-sptjm-tidak-muncul-info-gtk

Kasus yang sama, pada bagian barcode, gunakan klik kanan tepat pada bagian lokasi barcode. Disana akan muncul pilihan “LOAD IMAGE“, dan silahkan klik bagian itu.

Maka setelah melakukan itu, Gambar Barcode akan muncul, dan anda dapat menyimpannya dengan ekstensi PDF, atau bahkan melakukan cetak langsung.

Tinggalkan komentar

Copy link