Apa Itu Photoshop

Ditulis oleh
Diperbaharui 24 November 2018
Apa%2Bitu%2BPhotoshop


Adobe Photoshop, alias biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan gambar/gambar serta pembuatan efek. Perangkat lunak ini tak sedikit dipakai oleh gambargrafer digital serta perusahaan iklan jadi dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/gambar, serta, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk paling baik yang sempat diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan software ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 serta versi yang terbaru (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5. Photoshop terdapat untuk Microsoft Windows, Mac OS X, serta Mac OS; versi 9 ke atas juga bisa dipakai oleh sistem operasi lain semacam Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu semacam Cross Over.

SEJARAH
Seorang profesor dari Michigan (USA) bernama Glenn Knol membikin suatu  eksperimen untuk mengolah gambar dengan cara digital. Dengan alat seadanya, sang profesor bekerja keras di ruang gelap (dark room) milik pribadinya. Beliau mempunyai dua orang anak yang bernama: John Knoll serta homas Knoll. Kedua anak tersebut meneruskan impian ayahnya untuk membikin suatu  program pengolah gambar dengan cara digital tersebut. Pendek cerita, akhirnya kedua saudara tersebut sukses menciptakan suatu  program software pengolah gambar yang saat itu tetap sederhana. Atas penemuan tersebut, suatu  perusahaan bernama Image Scan memberbagi lisensi. Tetapi selang satu tahun, lisensi diambil alih oleh Adobe Corporation. Kemudian program pengolah gambar tersebut diberi nama Adobe Photoshop. 
Versi terbaru adalah CS5 alias lebih dikenal dengan Adobe Photoshop CS5 (Creative Suite), bahkan saat ini telah beredar CS6. Terbukti, pada awal terciptanya Photoshop hanya ditujukan untuk kebutuhan pengolah gambar (gambargrafi). Thomas Knoll bersama timnya akhirnya mengembangkan Photoshop untuk beberapa kebutuhan semacam: web design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop), serta bidang lainnya.  Para web design maupun graphic design cenderung lebih tak sedikit memakai program Adobe Photoshop untuk menolong pekerjaan di bidang masing-masing sebab gampang dipakai, mempunyai warna cerah, mendukung plug-in dari pihak ketiga, serta hasil output yang fantastik.
Jadi, Apa Itu Photoshop? Adobe Photoshop adalah salah satu software perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan gambar/gambar serta pembuatan efek, alias biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini tak sedikit dipakai oleh gambargrafer digital serta perusahaan iklan, PhotoshopNir  hanya mempunyai fitur yang gampang untuk di pahami, photoshop juga mempunyai beberapa unggulan fitur yang sanggup bekerja maximal, sampai mensuport beberapa file, jadi bagi kalian seorang tampilan grafis, ini adalah salah satu syarat apabila kalian pengen masuk ke dunia tampilan grafis, photoshop dengan segala fasilitasnya.
Photoshop mengkhususkan dia sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP (Lihat tulisan tentang  BITMAP VS VECTOR). Oleh sebab itu Photoshop tak jarangkali dipakai oleh para gambargrafer sebab gambar adalah salah satu gambar dengan format BITMAP.  KiniPhotoshop adalah perangkat lunak paling baik di kelasnya. ‘Hampir’ tak ada tandingannya.
Fitur –Fitur  Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan, Photoshop yang ada sekarang juga bisa dipakai untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web alias biasa disebut Website.

Tinggalkan komentar