8 Tips Agar Bangun di Waktu Shubuh

Ditulis oleh
Diperbaharui 22 September 2018
Bangun di waktu Shubuh merupakan hal yang terasa sulit untuk dilaksanakan oleh sebagian orang. Terlebih pada mereka yang bekerja di malam hari atau mereka yang memiliki kesibukan yang padat. Tapi hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak melaksanakan shalat shubuh. Berikut ini merupakan 8 tips agar kita senantiasa bangun di waktu shubuh, mulai dari awal hingga pembiasaan bangun shubuh:
  1. Niat yang ikhlas beribadah karena Allah.Dengan memasang yang sebenar-benar niat, maka tindakan yang kita lakukan akan lebih terarah. Contoh, bila kita ingin menjemput seseorang yang tersayang di pagi buta, kita akan mempersiapkan diri untuk tidur lebih awal agar bangun di pagi buta. Begitu juga ketika kita memiliki kecintaan terhadap shalat shubuh, kita akan mempersiapkan diri kita untuk bangun di waktu shubuh. Keimanan tentu hal yang perlu ditanamkan disini.
  2. Wudhu merupakan cara kita agar terhindar dari godaan syaitan.Oleh sebab itu, sebelum menuju tempat tidur, ada baiknya kita berwudhu terlebih dahulu. Ada yang bilang, wudhu itu dahsyat khasiatnya. Tak ada salahnya kita berwudhu dulu. Dengan wudhu, kita lebih terasa lapang.
  3. Persiapkan alat atau Jam Alarm untuk membantu membangunkan kita dari tidur.
    clock 865680 640
    https://pixabay.com/id/jam-weker-waktu-old-jam-alarm-tua-865680/
    Alat pembantu ini dinilai cukup efektif. Bila waktu tidur kita sudah cukup, dengan adanya bantuan alat seperti Jam Alarm ini, akan lebih memastikan untuk kita bangun di waktu yang tepat. Aturlah jam alarm itu diwaktu shubuh.
  4. Kibas/bersihkan tempat tidur kita sebelum menggunakannya.
    Dengan ini, insyaallah kita akan terhindar dari syaiton yang menggoda kita diwaktu tidur. Mengkibaskan tempat tidur juga merupakan salah satu daru sunnah Rasul loh.
  5. Tidurlah dengan menghadap ke sebelah kanan.
    Tips yang satu ini memang benar-benar bagus banget loh. Tidur dengan posisi menghadap ke kanan memang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad saw. Dari penelitian-penelitian tentang kesehatan, juga menemukan bahwa tidur dengan posisi ini berpengaruh baik pada kesehatan.
  6. Berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah agar terhindar dari godaan syaitan.
    Tentunya kita berdoa sebelum tidur. Segala kegiatan tanpa diawali dengan doa, maka akan hilang keberkahannya. Oleh sebab itu, berdoa dianggap sangat penting dalam segala kegiatan, terlebih saat menjelang tidur malam.

  7. Selain tidur di waktu yang tepat, tentu perlu juga untuk memperhatikan tempat tidur kita.
    Tidurlah di tempat yang baik. Dengan begitu, tubuh kita akan merasakan nyaman saat tidur. Dengan demikian, jadwal bangun kita akan terasa ringan.
  8. Konsisten itu sangat perlu dalam menjalankan suatu kegiatan. Konsistenlah dari hari ke hari untuk senantiasa bangun di waktu shubuh. Dengan begitu, kita akan terbiasa untuk bangun di waktu shubuh. Jika sudah terbiasa, tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan, apalagi isinya adalah ibadah kepada sang pencipta.

Tinggalkan komentar